alexametrics

40 Ribu Jamaah Haji Dianjurkan Konsumsi Susu Kambing

18 Februari 2020, 10:51:53 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 40.000 calon jamaah haji di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Embarkasi Bekasi akan mendapatkan asupan susu kambing. Hal itu dilakukan karena pada saat melaksanakan ibadah haji membutuhkan fisik dan tenaga yang ekstra di Tanah Suci Mekkah. Upaya ini dilakukan bekerjasama dengan PT. RBM Susu Nusantara.

Kepala Kantor Asrama Haji Embarkasi Bekasi, KH Dede Saeful Uyun menjelaskan, pihaknya bekerjasama dengan PT RBM Susu Nusantara karena kualitas susu kambing dari perusahaan tersebut sangat berbeda dan manfaatnya bagus untuk kesehatan jamaah haji. Disamping itu, mengingat susu kambing ini sangat penting manfaatnya kepada para calon jemaah haji.

“Saat prosesi ibadah haji nanti kan memerlukan fisik dan tenaga yang kuat. Menjadi salah satu suplemen untuk menjaga stabilitas fisik. Maka kita anjurkan mereka konsumsi susu kambing ini,” terang Dede, Selasa (18/2).

Dede menuturkan, tidak hanya dikalangan masyarakat haji, susu kambing juga juga dapat dikonsumsi untuk masyarakat luas. UPT Asrama Haji Embarkasi Bekasi, punya kewajiban untuk segera mensosialisasikan kepada masyarakat. Pihaknya juga menyampaikan hak serupa ke Ka. Ciamis dan Majalengka.

“Sebelumnya kami juga sudah disosialisasikan. Dan ini kali pertamanya di Asrama Haji. Targetnya kepada calon jamaah haji dan madrasah serta majelis ta’lim,” tuturnya.

Ia menyebut, susu kambing ini lain dari pada yang lain. Bukannya mengenyampingkan susu kambing yang lain. “Susu ini juga sangat berpengaruh kepada pergerakan lutut terutama bagi mereka yang berusia diatas 50 tahun. Fisiknya akan terasa ringan usai mengkonsumsi susu kambing itu,” katanya.

Dede menambahkan, sebanyak 38.862 orang calon jamaah haji Bekasi, di luar 1200 lebih petugas akan berangkat nanti di tanggal 25 Juni 2020. “Jika dihitung sama petugas sekitar 40 ribu lebih yang akan berangkat. Start dari sini, langsung ke Bandara Kertajati, Jawa Barat,” ungkap Dede.

Menurutnya, disetiap tahunnya, keberangkatan calon jamaah di Asrama Haji Bekasi selalu meningkat seiring minat masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah haji. Di tahun 2018 ada sebanyak 36 ribu jemaah haji. “Apalagi saat ini adanya tambahan kuota haji di Jawa Barat. Jadi terbesar di seluruh dunia,” ungkapnya.

Dede berharap, mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini dapat terus berjalan dan baik bagi semua pihak. Karena (susu kambing) ini menumbuhkan kesehatan bagi setiap manusia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur PT RBM Susu Nusantara, Agus A. Mile mengatakan, susu kambing ini tepat bagi jemaah haji. Pihaknya pun terus mensosialisasikan kepada masyarakat umum dan masyarakat luas.

Masyarakat yang mengkonsumsi agar mengumpulkan bungkus susu tersebut karena dapat ditukarkan dengan uang. “Sachetnya nanti jangan dibuang dan akan kita beli Rp 500 per sachetnya untuk disumbangkan ke masjid,” kata Agus.

Tujuannya pembelian bungkus susu untuk menyelamatkan bumi dari plastik. Selain itu juga, agar masyarakat peduli atau bersedekah. “Karena kami ciptakan program RBM peduli masjid dan sebelumnya sudah ditandatangani oleh Dewan Masjid Pusat. Kini kami kerjasama dengan UPT Asrama Haji Embarkasi Bekasi,” kata dia.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Yogi Wahyu Priyono



Close Ads