alexametrics

Gage Berlaku di TMII dan Ancol, Motor Dikecualikan

17 September 2021, 15:00:34 WIB

JawaPos.com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya telah memberlakukan ganjil genap (gage) di 2 lokasi wisata, yakni Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Taman Impian Jaya Ancol. Namun, sepeda motor tetap dikecualikan dalam kebijakan baru ini.

“Untuk sepeda motor tidak berlaku. Hanya diberlakukan bagi roda empat,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (17/9).

Sambodo menuturkan, penerapan gage di 2 lokasi wisata ini masih akan dikaji efektifitasnya. Sebab, hari ini baru diberlakukan perdana.

“Nanti tentu akan kita evaluasi sejauh mana efektifnya pengendalian gage di tempat wisata ini,” imbuhnya.

Dalam penerapan gage di kawasan wisata, petugas juga tetap memperhatikan roda ekonomi yang harus terus bergerak. Oleh karena itu, pengunjung harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sebelumnya, petunjuk uji coba protokol kesehatan (prokes) untuk pembukaan tempat wisata akhirnya resmi dikeluarkan pemerintah. Itulah yang tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 42 Tahun 2021 tentang PPKM di Jawa-Bali.

Salah satu poin yang yang diatur dalam uji coba pembukaan tempat wisata adalah jumlah kendaraan pada akhir pekan. Mulai Jumat pukul 12.00 sampai Minggu pukul 18.00 waktu setempat.

”Penerapan ganjil dan genap di sepanjang jalan menuju dan dari lokasi tempat wisata,” ujar Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dikutip dalam instruksinya kemarin (14/9).

Ketentuan lainnya adalah wajib mengakses aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai. Kemudian, anak-anak di bawah 12 tahun dilarang masuk ke tempat wisata.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads