alexametrics

Komitmen Mal saat New Normal, Jaga Jarak 1 Orang Per 4 Meter Persegi

17 Juni 2020, 08:31:08 WIB

JawaPos.com – Seluruh pusat perbelanjaan di ibu kota saat ini sudah mulai beroperasi kembali dengan berkomitmen menerapkan protokol kesehatan. Di era New Normal, semua pengunjung dibatasi demi menerapkan jaga jarak atau physical distancing.

Kesehatan publik dan kenyamanan agar tetap aman dari virus Korona membuat para pengunjung mal dan tenant harus disiplin. Dari mulai wajib memakai masker dan diukur suhu tubuhnya sebelum masuk mal.

Pusat perbelanjaan di AEON Mall Indonesia misalnya, jaga jarak sangat ketat diberlakukan. Pemeriksaan sebelum memasuki gedung bagi para konsumen dilakukan meliputi persiapan alat pengecekan suhu tubuh dengan thermography, suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat Celcius.

Pengecekan serupa juga diterapkan bagi para staf dan pekerja. Penyediaan hand sanitizer di setiap pintu masuk, keharusan menggunakan masker bagi setiap pengunjung. Bahkan pembatasan kapasitas dilakukan 1:4.

“Untuk memastikan penerapan jaga jarak, berbagai petunjuk telah disebar di seluruh area mal, termasuk juga memastikan pembatasan jumlah pengunjung 1 orang dalam 4 meter persegi,” kata General Manager Operation AEON Mall Indonesia Windy Bharata, kepada JawaPos.com, Selasa (16/6).

Pembatasan jumlah pengunjung ini dimonitor dengan People Counting System yang kemudian diinformasikan melalui LED besar. Pihak mal meningkatkan frekuensi rutinitas pemeliharaan kebersihan gedung. Perawatan dan pengelolaan sistem tata udara serta pembersihan dengan disinfektan secara teratur di seluruh area dalam dan luar gedung yang sering tersentuh.

“Disiplin menjadi kunci sebagai jalan tengah hidup dengan kebiasaan baru, kepatuhan pada protokol kesehatan Covid-19 menjadi syarat mutlak dalam beraktivitas di ruang publik, ini menjadi komitmen,” kata Windy Bharata.

Sedangkan untuk resto dan fasilitas makan di tempat, setiap resto juga sudah menerapkan protokol kesehatan. Caranya dengan menandai meja dengan tanda silang untuk membatasi jarak.

“Pada prinsipnya kami mengacu pada peraturan di daerah mana kami berada. sementara ini kan ada di Kabupaten Tangerang dan Cakung Jakarta Timur. Di Cakung mengacu pada Gubernur DKI Jakarta. Di Jakarta dine in itu sudah bisa. Sementara di BSD City pergub-nya belum, baru memperbolehkan take away dan delivery,” paparnya.

Salah satu konsumen, warga Tangerang, Intan Retnowati menjelaskan dirinya senang mal sudah mulai dibuka kembali. Sehingga kebutuhan yang diperlukan kini lebih mudah dicari. Namun dirinya tak lupa memakai protokol kesehatan.

“Tentu ya lebih mudah mal dibuka lagi. Kalau sebelumnya kan hanya terbatas supermarket saja. Tapi harus tetap ingat pakai masker ya, karena kami baru boleh masuk jika pakai APD. Dan saya sih enggak berani ajak anak. Biar aman saja,” ungkapnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads