alexametrics

Cegah Klaster Keluarga, Anies: Jangan Ke Luar Rumah!

17 Mei 2021, 17:45:00 WIB

JawaPos.com – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta masyarakat tidak melakukan liburan ke luar rumah di masa libur lebaran yang masih berlangsung. Hal itu guna mencegah terjadinya klaster Covid-19 di lingkungan keluarga.

Anies mengungkapkan, sejarah mencatat kasus Covid-19 banyak pula yang teridentifikasi setelah pasien berpergian ke luar DKI Jakarta. Bahkan data dari Facebook Data for Good, pada 8 Desember 2020 atau 1 hari sebelum Pilkada, ada pergerakan penduduk dari dalam Jadebotabek ke luar. Kondisi ini berimplikasi pada pergerakan kembali mereka ke Jabodetabek.

“Mobilitas penduduk ini akan kami pantau dan dikendalikan agar tak terjadi penularan, baik orang dari luar ke Jakarta maupun sebaliknya, sehingga perlu bagi kita khususnya para keluarga di Jakarta untuk menahan diri tidak melakukan aktivitas liburan ke luar rumah, terlebih keluar dari Jakarta,” kata Anies.

Himbauan untuk tak berlibur keluar rumah, khususnya bagi para keluarga didasari oleh fenomena munculnya klaster keluarga. Sehingga mobilitas penduduk pada periode liburan akan sangat menentukan terjadinya penularan.

“Kami mengimbau masing-masing dari kita untuk menahan diri tidak liburan ke luar rumah apalagi ke luar kota. Jangan sampai liburan yang senangnya mungkin hanya sementara malah membuat orang-orang yang kita sayangi beresiko terpapar Covid-19,” pungkas Anies.

Pemerintah juga menghimbau warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan 3M. Yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara rutin menggunakan air mengalir. Kegiatan ini wajib dilakukan oleh seluruh warga, termasuk yang sudah disuntik vaksin.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Sabik Aji Taufan, ARM

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads