alexametrics

Kurangi Emisi Karbon, Anies Sampaikan 2 Usulan ini ke PBB

17 April 2021, 19:25:10 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan gagasan dan solusi terkait dampak perubahan iklim. Hal itu ia sampaikan langsung kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal PBB, António Gutteres.

Gagasan dan solusi ini Anies sampaikan dalam virtual forum bertajuk ‘Dialogue Between C40 Mayors and UN Secretary General-Advancing Carbon Neutrality and Resilent Recovery for Cities and Nations’, yang digelar pada Jumat (16/4) malam.

“Pemerintah kota memiliki tugas untuk menyediakan lingkungan tempat tinggal yang layak huni bagi para warga kotanya. Hal ini termasuk dengan mengatasi dampak perubahan iklim dengan melakukan upaya untuk mengurangi emisi karbon yang dihasilkan oleh kota-kota,” kata Anies dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/4).

Anies mengatakan, kota-kota di dunia telah berkomitmen untuk mengalokasikan sumber daya dalam mengurangi emisi karbon. Baik dari aspek strategi transportasi, tata bangunan, dan mempromosikan energi bersih dan lain sebagainya.

Hal itu pula yang dilakukan olehnya di Jakarta. Kota yang dipimpinnya itu telah berkomitmen dan mengerjakan berbagai aksi iklim. Bahkan, Jakarta sendiri telah memiliki target zero emission pada 2050.

“Jakarta telah berkomitmen untuk menjadi Kota Berketahanan Iklim. Saat ini, Jakarta telah bertransformasi dari pembangunan yang berbasis mobil ke pembangunan yang berbasis pada transit. Jakarta memimpin dalam aksi transportasi dan mobilitas yang berkelanjutan dan kami ingin melanjutkan lebih jauh,” jelas Anies.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads