alexametrics

Lelap Tertidur, 1 Orang Tewas Ketika Kapal Tenggelam di Tanjung Priok

16 Oktober 2019, 11:50:00 WIB

JawaPos.com – Sebuah kapal tugboat tenggelam di pelabuhan Tanjung Priok, Selasa (15/10) dinihari. Kapal ini memuat 2 awak kapal. Kapal ini diketahui karam saat bersandar di dermaga.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Reynold mengatakan peristiwa tenggelamnya kapal yang bersandar terjadi sekitar pukul 00.30 WIB. Setelah dievakuasi 1 awak kabin yang berada di kapal saat itu ditemukan tewas.

“Kapal tugboat tadi malam tenggelam Saat sandar. Ada 2 awak kapal yg Ada pada tug boat tersebut. Satu awak kapal sehat dan satu lagi meninggal,” kata Reynold saat dikonfirmasi, Rabu (15/10).

Reynold mengakan saat itu kapal diisi oleh Asep Supriyanto selaku Operator Krane Kapal Pengerukan WB. Abagil dan korban meninggal bernama Sargimin selaku juru mudi kapal. Asep selamat setelah melompat ke kapal lainnya. Sedangkan Sargimin tidak bisa menyelamatkan diri karena saat kejadian dia dalam posisi tertidur dan tak sadae kapal tersebut tenggelam.

“Menurut kesaksian Asep, saat kejadian posisi dia di atas kapal bersama Sargimin yang menurut kesaksiannya sedang tidur di dalam ruang kapal tungboat. Saat kapal seketika tenggelam, Asep bisa menyelamatkan diri,” jelasnya.

Reynold menerangkan, tenggelamnya kapal ini terjadi begitu cepat. Tak sampai 1 menit kapal itu sudah ada di dasar laut. Pukul 03.00 WIB, tim SAR mencoba mengevakuasi korban, namun posisi kapal sudah tertutup lumpur di dasar laut. Sehingga proses evakuasi semat terhambat.

“Pada pukul 15.24 WIB kapal berhasil dievakuasi dari dasar laut. Pukul 16.15 WIB proses evakuasi korban berhasil dilaksanakan,” imbuhnya.

Setelah itu, korban langsung dibawa ke rumah sakit guna dilakukan otopsi. Kasus ini tengah ditangani oleh Polres Tanjung Priok. “Dugaan sementara peristiwa tenggelamnya kapal adalah kebocoran dari bagian dasar kapal,” pungkas Reynold.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan


Close Ads