Anies: Program Pembangunan Hunian Layak di DKI Tak Hanya DP Rp 0

16 Agustus 2022, 20:59:23 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan perluncuran logo Jakhabitat dan Galeri Huni di Taman Martha Tiahahu, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (16/8). Dalam kesempatan itu, ia sempat menyinggung masalah pembangunan rumah layak huni di DKI, termasuk DP Rp 0.

Dalam sambutannya, Anies menegaskan bahwa program pembangunan hunian layak di Jakarta tidak hanya Rumah DP Rp 0. Ia menjelaskan bahwa banyak program lainnya mulai dari penataan kampung kumuh hingga Rusunawa atau Rumah Susun Sewa. “Nah karena selama ini banyak pembicaraan diluar soal DP 0 seakan-akan program di DKI itu hanya DP 0, padahal programnya ada banyak,” kata Anies dalam sambutannya.

“Justru ini salah satu saja kalau diperhatikan kita ini memiliki tentu program DP 0, kedua program penataan kampung kalau dilihat luar biasa ada 226 RW yang mengikuti program Community Action Plan (CAP) kemudian Colaborative Implementasi Program (CIP) sudah 220 RW ini bukan angka yang sedikit, kemudian kampung susun dibangun baik di Bayam, Kunir, Eks Bukit Duri, dan Akuarium. Jadi ada program DP 0, ada penataan kampung, ada program kampung susun, dan Rusunawa,” urainya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga memamerkan rekor pembangunan tower Rusunawa selama periode 2018-2022 atau selama dirinya menjabat. Ia mengatakan puluhan tower dibangun dalam periode empay tahun masa jabatan.

“Yang tidak kalah penting adalah penyediaan hunian Rusunawa yang dalam empat tahun ini bisa dibilang rekor yang pernah terbangun selama ini terbangun 33 tower dalam periode 2018-2022 membangun 33 tower dalam periode empat tahun itu adalah kerja yang luar biasa. Dan berhasil dibangun dari situ 7.419 unit,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa maksud menjelaskan program lain tersebut adalah agar masyarakat melihat bahwa Pemprov melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman serta BUMD selama ini telah bekerja untuk menata kawasan hunian di ibu kota.

“Kami perlu sampaikan ini supaya warga Jakarta menyadari bahwa Pemprov lewat dinas dan BUMD bekerja untuk menata kawasan lewat CIP dan CAP menata kampung susun yang beberapa tadi saya sampaikan, menyiapkan Rusunawa 33 Tower dibangun dalam empat tahun dan menyiapkan program DP 0 yang alhamdulillah sudah terbangun 3.060 unit yang nanti akan diresmikan paling akhir nanti 7 September di Pondok Kelapa dan Cilangkap. Jadi masyarakat bisa melihat dari Jakhabitat itu ada unsur di dalamnya tidak sebagai program yang lepas sendiri sendiri tapi sebagai program terintegrasi,” tuturnya.

Selain Anies Baswedan, peresmian logo Jakhabitat dan Galeri Huni di Taman Martha Tiahahu juga turut dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Sekda DKI Jakarta Marullah Mataali, Direktur Utama Perumda Sarana Jaya Agus Himawan Widiyanto, Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Sarjoko, Kepala Dinas Pertamanan dan Perhutanan (Distamhut) Suzy Marsitawati, Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho, dan sejumlah staf Perumda Sarana Jaya. (*)

 

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Tazkia Royyan Hikmatiar

Saksikan video menarik berikut ini: