Bermodal Tusuk Gigi, Sindikat Pengganjal ATM di Jakarta Ditangkap

16 Juli 2020, 10:59:42 WIB

JawaPos.com – Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat kembali membekuk sindikat ganjal mesin ATM yang kerap beraksi di wilayah Jakarta. Sebanyak 3 orang ditangkap dalam kasus ini. Mereka adalah AS, MD dan JI.

“Modus para pelaku ini melancarkan aksinya dengan menggunakan tusuk gigi,” kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Audie S Latuheru kepada wartawan, Kamis (16/7).

Berdasarkan pengakuan para tersangka, aksi terakhir mereka berlangsung di mesin ATM mini market Flamboyan Cengkareng, Jakarta Barat pada Selasa (28/4) sekitar pukul 10.30 WIB.

Mereka biasa beroperasi dengan cara mencari mesin ATM yang minim pengawasan. Kemudian mengganjal lubang kartu dengan tusuk gigi. Akibatnya, ketika korban menggunakan mesin ATM, kartunya akan terganjal.

Pada saat itu, pelaku akan langsung mendatangi korban. Mereka menawarkan bantuan. “Akan tetapi kartu ATM si korban ini ditukar dengan kartu ATM milik pelaku,” jelas Audie.

Pelaku kemudian meminta kepada korban untuk memasukan nomor PIN ATM-nya. Sedangkan pelaku lainnya mengintip nomor tersebut. Setelah korban pergi karena tak bisa mengakses ATM, pelaku langsung beraksi menggasak uang korban. Korban pun menderita kerugian hingga Rp 10 juta.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Teuku Arsya Khadafi mengatakan, sindikat ini tidak hanya satu kali beraksi.

“Hal ini diketahui dari barang bukti beberapa kartu ATM yang berhasil kami amankan dari tersangka merupakan barang bukti dari korban-korbannya terdahulu,” ucapnya.

Atas perbuatanya, tersangka dijerat Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman penjara di atas 5 tahun penjara.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads