alexametrics

Arus Mudik di Terminal Lebak Bulus Diprediksi Terjadi Pekan ke-3 April

16 April 2022, 12:33:52 WIB

JawaPos.com – Pemerintah kembali mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik ke kampung halaman pada Lebaran tahun ini. Untuk saat ini beberapa para pemudik berangkat terlebih dahulu ke kampung halamannya dengan menggunakan bus.

Terbukti, berdasarkan pantauan JawaPos.com di Terminal bus Lebak Bulus, terlihat ramai oleh para pengunjung dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Terminal Lebak Bulus Hernanto Setiawan mengatakan, hingga pekan kedua bulan ini kepadatan penumpang bus masih normal atau tidak ada peningkatan yang signifikan dibandingkan hari biasa. Peningkatan diperkirakan akan mulai terlihat pada rian ketiga April 2022.

“Minggu kedua April masih normal belum ada peningkatan. Mungkin nanti minggu ketiga atau H-10 sampai H-7,” ujarnya kepada JawaPos.com, Sabtu (16/4).

Namun, kondisi saat ini masih lebih baik dibandingkan pada dua tahun lalu dimana pemerintah menerapkan kebijakan pelarangan mudik bagi masyarakat. Hal itu sangat berdampak pada operator angkutan bus dan perekonomian di sekitar terminal.

“Kalau dibandingkan tahun lalu nggak bisa dibandingkan ya, 2 tahun terakhir kan nggak ada mudik. Terakhir 2019 tentunya berbeda, tetap ada peningkatan di hari biasa untuk mudik. Tapi lebih sedikit. Karena situasi masih pandemi,” tuturnya.

Hernanto juga belum dapat memperkirakan kenaikan kepadatan penumpang bus pada periode Lebaran tahun ini. Sebab, selain ada program mudik gratis pemerintah, saat ini masyarakat cenderung pulang ke kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi.

“Nanti pekan ke-3 (bisa terlihat peningkatannya) pada H-4 dan H-3. Apalagi ada angkutan mudik gratis dari pemerintah yang disiapkan, dan banyak juga yang menggunakan kendaraan pribadi,” tuturnya.

Hernanto menambahkan, untuk tujuan yang paking banyak diminati oleh para penumpang bus yaitu daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera. Pihaknya pin berkoordinasi dengan para operator bus terkait kesiapan armada dan kesehatan supir untuk melayani masyarakat pada periode Lebaran tahun ini.

“Kita koordinasi dengan pengurus bus, terkait para awak dan mobil sehat dan layak jalan. Armada dipersiapkan, nggak terjadi kekosongan,” imbuhnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads