alexametrics

Wagub DKI Ingatkan Warga di Pengungsian Terapkan Protokol Kesehatan

15 Oktober 2020, 06:30:04 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai bersiap diri mengantisipasi terjadinya bencana alam. Mengingat pada bulan Oktober ini, ibu kota akan mulai memasuki hujan. Iklim seperti ini menjadi ancaman tersendiri mengingat Jakarta langganan dilanda banjir.

Pada 10 Oktober lalu misalnya, wilayah Ciganjur, Jakarta Selatan bahkan sempat dilanda tanah longsor. Imbasnya turut mengambat aliran air sungai, yang berdampak pada tergenangnya 300 rumah warga.

Atas dasar itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta warga bersiap diri ketika bencana datang. Jika harus mengungsi, warga diingatkan supaya menerapkan protokol. Sebab, saat ini masih berlangsung pandemi Covid-19.

“Kita juga minta dilaksanakan protokol Covid-19 agar tidak terjadi klaster baru di area pengungsian,” kata Ariza.

Adapun penerapan protokol kesehatan minimal melaksanakan 3M. yakni Wajib memakai masker, wajib menjaga jarak, dan wajib rutin mencuci tangan dengan sabun.

Selain itu, Pemprov DKI sendiri menyiapkan bantuan berupa makanan, minuman, hingga obat-obatan untuk para pengungsi. Dengan begitu warga tetap terpenuhi kebutuhannya.

Pemprov DKI Jakarta juga beekomitmen segera menanggulangi bencana yang datang. Seperti tanah longsor di Ciganjur pun diharapkan penangannya bisa segera, sehingga warga bisa berkegiatan normal.

“Semoga ke depannya kita sudah bisa bersihkan sisa puing yang menutupi sungai, supaya kalau ada hujan tidak akibatkan genangan,” kata Ariza.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Sabik Aji Taufan




Close Ads