alexametrics

Hari Pertama PSBB Jakarta, Delapan Perusahaan Ditutup

Karyawan Terpapar Covid-19
15 September 2020, 11:20:50 WIB

JawaPos.com – Tim pengawasan Pemprov DKI Jakarta langsung bergerak pada hari pertama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kemarin. Mereka mendatangi puluhan perusahaan untuk memantau pelaksanaan protokol kesehatan.

Ada 64 perusahaan yang kemarin disidak satpol PP bersama beberapa perwakilan instansi terkait. Dari jumlah itu, delapan perusahaan akhirnya ditutup sementara.

’’Lima perusahaan ditutup karena Covid-19 dan tiga perusahaan ditutup karena tidak menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Yang disanksi denda belum ada,’’ tegas Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Andri Yansyah. Pemeriksaan dilakukan 25 tim. Setiap tim memeriksa paling sedikit tiga perkantoran atau perusahaan.

Selain kawasan perkantoran, tim memantau pembatasan transportasi umum. Dinas Perhubungan DKI sudah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 156 Tahun 2020 tentang petunjuk teknis pelaksanaan PSBB bidang transportasi. Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo menuturkan, pembatasan itu dilakukan untuk memutus rantai transmisi Covid-19.

Warga terjaring operasi yustisi Covid-19 disanksi menyapu jalan di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (14/9). (MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)

MRT maksimal boleh diisi 60 orang per kereta yang beroperasi pukul 05.00–22.00 hingga 20 September 2020. Sedangkan pada 21 September hingga seterusnya, MRT beroperasi pukul 05.00–19.00. Untuk LRT Jakarta, maksimal yang boleh diangkut 30 orang per kereta dengan jam operasi pukul 05.30–22.00 hingga 20 September. Lalu, mulai 21 September sampai seterusnya beroperasi pukul 05.30–19.00. Selanjutnya, untuk KRL Jabodetabek jumlah penumpang maksimal 74 orang per kereta. Jam operasinya pukul 05.00–21.00 hingga 20 September 2020. Mulai 21 September sampai seterusnya beroperasi pukul 05.00–19.00.

Lalu, kereta api jarak jauh hanya boleh mengangkut maksimal 25 orang per kereta (eksekutif), bisnis 30 orang, dan ekonomi 30 orang. Bus TJ diizinkan membawa penumpang maksimal 60 orang untuk bus gandeng, 30 orang bus besar, 15 orang bus sedang, dan 6 orang bus kecil. ’’Operasi TJ itu pukul 05.00–22.00 hingga 20 September. Lalu, mulai 21 September sampai seterusnya, jam operasinya pukul 05.00–19.00,’’ terangnya. Khusus untuk bajaj, penumpang maksimal satu orang. Lalu taksi, penumpangnya maksimal dua orang per baris.

Gubernur DKI Anies Baswedan meminta tim pengawas untuk menindak pelanggaran aturan PSBB. ’’Pesan saya kepada semua jajaran satpol PP, datangi warga dengan keyakinan bahwa kita sedang melindungi masyarakat. Saya minta harus tegas, bukan berarti bengis, bukan berarti kasar. Tegas itu melaksanakan tanpa harus belak-belok, tanpa kompromi,’’ ucap Anies. Dia juga menegaskan bahwa tujuan penindakan bukan untuk mengumpulkan uang denda sebanyak-banyaknya. Melainkan mengubah perilaku masyarakat menghadapi pandemi Covid-19.

Stasiun Mulai Sepi

Dampak PSBB sudah terlihat di sektor transportasi. Kemarin situasi di sejumlah stasiun tampak sepi dibandingkan Senin pekan sebelumnya. Di saat jam masuk kerja yang merupakan peak season, pengguna kereta rel listrik (KRL) tercatat 92.546 orang. ”Berkurang hingga 19 persen dibandingkan Senin pekan lalu yang mencapai 114.075 pengguna pada waktu yang sama,” beber VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba. Penurunan jumlah pengguna tercatat di hampir seluruh stasiun KRL.

Baca juga: Tidak Perlu Urus SIKM Walau Jakarta Perketat PSBB

Pada PSBB tahap kedua ini, jam operasional KRL masih dimulai pukul 04.00 hingga 21.00 dengan 975 perjalanan KRL per hari. ”Namun, masih akan dilakukan evaluasi kembali dengan mempertimbangkan pergerakan masyarakat yang menggunakan KRL di masa PSBB ini,” ujarnya.

Kapasitas pengguna KRL pun masih berlaku sesuai aturan, yaitu 74 orang per kereta. Anne menyarankan agar pengguna dapat mengatur waktu perjalanannya dengan menghindari jam-jam sibuk. ”KAI berusaha menjadikan perjalanan kereta api sebagai moda transportasi yang aman dari persebaran Covid-19,” imbuh VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Terkait pembatasan kapasitas, KAI juga sudah membatasi tiket tempat duduk yang dijual. Sejauh ini perjalanan kereta api jarak jauh reguler kapasitas penumpangnya hanya 70 persen. Untuk jumlah perjalanan KA, rata-rata mengoperasikan 267 KA per hari. Menurut Joni, petugas juga rutin melakukan pembersihan dengan cairan disinfektan. ”KAI selalu berkomitmen untuk mendukung segala upaya pencegahan persebaran Covid-19 yang ditetapkan pemerintah,” katanya.

AYO PAKAI MASKERNYA: Petugas merazia pengendara yang tidak memakai masker di perbatasan Kota Bekasi dengan Jakarta di Jalan Raya Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (14/9). (IMAM HUSEIN/JAWA POS)

Sementara itu, sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) dilibatkan untuk mendisiplinkan warga. Kemarin (14/9) Kodam Jaya melaksanakan apel pasukan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Selain personel TNI-Polri, hadir pula perwakilan beberapa ormas, yakni Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI), Pemuda Panca Marga (PPM), Hipakad, dan Pemuda Pancasila.

Baca juga: PSBB Jakarta Lebih Longgar, Ojek Online Masih Bisa Angkut Penumpang

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengungkapkan, ormas-ormas tersebut akan berada di bawah komando Kodam Jaya serta Polda Metro Jaya. Jenderal bintang dua TNI-AD itu meminta mereka bertindak tegas, tapi humanistis. ”Bertindaklah secara profesional, sopan, santun, humanistis, dan edukatif,” tuturnya.

Para anggota ormas ditugaskan menyisir pusat-pusat keramaian. Mulai area perkantoran, terminal, stasiun, pasar, hingga tempat-tempat lainnya. Kepada seluruh prajurit TNI-AD yang dikerahkan Kodam Jaya, Dudung meminta mereka berpedoman pada delapan wajib TNI saat menegur masyarakat. ”Sampaikan bahwa menggunakan masker tidaklah cukup untuk melindungi diri dari Covid-19. Harus dikombinasikan dengan pembatasan fisik dan (menjaga, Red) kebersihan tangan,” bebernya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Ilham Safutra

Reporter : rya/mia/byu/dee/syn/idr/lyn/c9/c7/oni




Close Ads