alexametrics

ETLE Ditargetkan Digunakan di Depok Akhir Agustus

14 Agustus 2020, 11:04:46 WIB

JawaPos.com – Satuan Lalu Lintas Polres Metro Kota Depok, Jawa Barat berencana akan menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Pemasangan akan dilakukan di ruas Jalan Margonda. Mengingat di sana banyak pelanggaran sepeda motor yang memasuki jalur cepat.

“Yang jadi bahan evaluasi kami adalah masih banyak masyarakat yang kurang paham dengan adanya jalur lambat dan cepat,” kata Kasat Lantas Polres Depok, Kompol Erwin Aras Genda saat dikonfirmasi, Jumat (14/8).

Erwin mengatakan, kondisi itu sangat membahayakan buat pengendara sepeda motor. Sehingga harus ditertibkan guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Sistem ETLE ditargetkan bisa mulai berlaku pada pertengahan atau akhir bulan Agustus 2020 ini. “Menjelang pelaksanaan pemberlakuan tilang elektronik tentunya setiap pelanggar yang menggunakan jalur cepat akan otomatis tercapture kamera dan pelanggaranya akan diproses,” jelas Erwin.

Apabila sistem ETLE sudah terpasang, maka polisi akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu. Selanjutnya akan mulai diberlakukan sanksi tilang bagi setiap pelanggar.

“Sosialisasi selama seminggu, pekan depan akan ada penindakan tilang manual. Jadi September nanti sudah siap dengan tilang elektronik,” pungkas Erwin.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan




Close Ads