alexametrics

GBK Tidak Ditutup, Ini Pengalihan Arus Lalin saat Demo May Day

14 Mei 2022, 09:31:43 WIB

JawaPos.com – Kepolisian telah menyiapkan skema lalu lintas di kawasan Sudirman-Thamrin. Apalagi, jika aksi demonstrasi para buruh hari ini menyebabkan kemacetan.

Dirlantas Polda Metro Jaya Sambodo mengatakan, selama pelaksanaan May Day Fiesta kawasan Gelora Bung Karno (GBK) tidak akan ditutup. Sebab, penutupan bersifat situasional.

“GBK tidak kita tutup. Kecuali pada saatnya nanti terjadi stuck baru akan kita adakan pengalihan lalu lintas,” ujarnya dikutip, Sabtu (14/5).

Sambodo melanjutkan, polisi akan melakukan pengalihan arus lalu lintas jika terjadi kemacetan di kawasan GBK. Jika aksi unjuk rasa menimbulkan kepadatan lalu lintas, maka dari arah Sisingamangaraja akan dialihkan ke Pakubuwono atau ke arah utara untuk dapat melewati Kuningan.

“Atau lewat Wijaya, Tendean, nanti langsung ke arah Kuningan. Kemudian yang dari arah Semanggi, misalnya mereka tidak boleh berbelok ke arah GBK tapi akan kita luruskan ke depan DPR,” imbuhnya.

Sambodo menyebut, pihaknya telah menyiapkan beberapa titik kantong parkir di GBK yang dapat digunakan dalam acara May Day Fiesta, diantaranya, mulai dari pintu 10, pintu 7, hingga pintu 5 GBK. Lahan parkir tersebut digunakan untuk menampung kendaraan pribadi hingga ribuan bus yang membawa buruh dari luar Jabotabek.

Para buruh yang berasal dari Jawa Barat artinya yang berasal dari Bekasi, Karawang, Purwakarta, Bogor, akan ditempatkan di parkir timur. Kemudian untuk buruh yang berasal dari provins DKI Jakarta, buruh Pulogadung dan sekitarnya, nanti ditempatkan di ring road di dalam area GBK.

Sedangkan untuk buruh yang berasal dari Banten, Tangerang Raya dan sekitarnya, akan ditempatkan di cekungan Asia Afrika. Kemudian untuk yang sepeda motor nanti kita tempatkan di lapangan parkir ABC dan di akuatik. Sedangkan untuk kendaraan pribadi kita akan tempatkan di lapangan parkir Istora.

Sebagai informasi, May Day Fiesta akan diawali dengan aksi di depan gedung DPR pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan May Day Fiesta di GBK pada pukul 13.00 WIB hingga 17.30 WIB.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads