alexametrics

Sempat Tertahan di Bandara Hongkong, 47 Atlet Renang DKI Aman di KJRI

13 Agustus 2019, 16:24:44 WIB

JawaPos.com – Kebijakan otoritas Bandara Hongkong untuk membatalkan jadwal penerbangan pada Senin (12/8) berdampak bagi Warga Negara Indonesia (WNI). Dalam hal ini 47 atlet renang DKI Jakarta yang akan kembali ke tanah air. Mereka sempat tertahan di bandara dan batal melakukan perjalanan ke Indonesia.

Seperti diketahui, demonstrasi masif di Bandara Hongkong pada Senin (12/8) membuat operasional bandara menjadi lumpuh. Otoritas bandara memutuskan untuk membatalkan semua jadwal penerbangan dari Bandara Hongkong. Hal itu membuat 47 atlet renang DKI batal pulang ke tanah air. Namun, mereka saat ini dalam kondisi aman setelah dievakuasi ke kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hongkong.

Mereka berangkat ke Hongkong untuk berlatih. Rombongan sudah tiba di Hongkong pada 6 Agustus dan seharusnya kembali ke Indonesia pada Senin (12/8).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) DKI Jakarta, Achmad Firdaus mengatakan seluruh tim renang DKI dalam kondisi selamat. Seluruhnya telah dievakuasi ke kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hongkong.

“Mereka posisinya aman di KJRI Hongkong. Sedang dalam proses pemulangan kembali ke Jakarta,” ujar Firdaus saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (13/8).

Firdaus menuturkan, KJRI tengah mengatur kepulangan tim renang DKI. Proses pemulangan tentu saja menunggu penerbangan di bandara Hongkong kembali dibuka. Informasi terbaru, Bandara Hongkong telah dibuka dan operasional sudah berjalan normal.

“Sejauh ini semua atlet aman, koordinasi dengan KJRI juga lancar, kalau penerbangan sudah dibuka kembali, para atlet bisa segera diberangkatkan,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan jadwal kepulangan 47 atlet renang tersebut diperkirakan pada 14 Agustus. “Harusnya tanggal 12 sudah bisa pulang, tetapi ada demonstrasi yang kemudian membuat airport tidak bisa berfungsi,” kata Anies.

Dari informasi yang didapatnya dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan KJRI, 47 atlet renang DKI diperkirakan bisa kembali ke tanah air pada Rabu (14/8). “Akan kembali dengan pesawat Garuda yang berangkat awal. Diperkirakan berangkat tanggal 14,” pungkas Anies.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sabik Aji Taufan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads