alexametrics

Sejak Pandemi, Masjid Al Azhar Pertama Kali Gelar Salat Idul Fitri

13 Mei 2021, 08:33:34 WIB

JawaPos.com – Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan tahun ini kembali mengadakan salat id Idul Fitri 1442 hijriah. Ini merupakan salat id pertama sejak pandemi Covid-19 melanda dunia.

“Baru tahun ini dilakukan lagi. Tahun lalu tidak,” kata salah seorang petugas keamanan masjid yang enggan disebutkan namanya, Kamis (13/5).

Mengingat masih terjadi pandemi Covid-19, salat id dilakukan di area halaman masjid. Hal itu sesuai anjuran pemerintah, bahwa salat disarankan digelar di lokasi terbuka demi mencegah penularan Covid-19.

Selain itu, para jamaah juga diwajibkan melaksanakan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu.

Meski dilaksanakan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, warga cukup banyak yang antusias melaksanakan salat id di Masjid Al Azhar. Ratusan orang tampak khusyuk memanjatkan doa.

Selain itu, beberapa petugas kepolisian juga terlihat melakukan pengaman di sekitar area masjid. Pengaturan dilakukan agar tidak terjadi kerumunan, terutama saat jamaah berdatangan dan pulang setelah salat.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads