alexametrics

45 KRL Hanya Sampai Manggarai, Kepadatan Penumpang Belum Terlihat

13 Februari 2020, 10:57:17 WIB

JawaPos.com – Sejumlah rute perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) relasi Bogor/Depok-Jakarta Kota dan Bekasi/Cikarang-Jakarta Kota mulai hari ini hanya sampai Stasiun Manggarai. Hal itu menyusul dimulainya penggantian wesel di stasiun Gambir.

Pantauan JawaPos.com di stasiun Manggarai pada Kamis (13/2) sejak pukul 08.30 WIB, tidak terlihat adanya penumpukan penumpang yang signifikan. Kepadatan pengguna moda KRL masih terlihat seperti hari-hari sebelumnya.

Nurhasanah, penumpang asal Depok mengatakan, belum merasakan adanya lonjakan penumpangan secara signifikan. Selain itu, waktu kedatangan kereta pun tak terasa berubah.

“Perjalanan masih normal juga. Tadi dari Depok sampai Manggarai nggak sampai 1 jam, kayak biasanya,” kata dia.

Nurhasanah mengaku telah mendapat informasi terkait adanya sejumlah rekayasa perjalanan KRL selama 11 hari ke depan. Dia berharap kondisi itu tidak terlalu signifikan berdampak pada kenyamanan penumpang.

Senada dengan itu, penumpang KRL lainya Mutiara Dewi juga tak merasakan adanya keterlambatan selama perjalanan dari Cakung menuju Manggarai. Bahkan, kereta yang ditumpanginya masih bisa melakukan perjalanan ke stasiun Jakarta Kota.

“Di jam-jam tertentu memang ada (yang nggak sampai Jakarta Kota), tapi barusan yang saya naikin sampai ke Jakarta Kota juga,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu petugas PT KCI di stasiun Manggarai yang enggan disebutkan namanya mengatakan, penggantian wesel memang rutin dilakukan. Hal itu demi menjaga keselamatan perjalanan kereta.

“Ketahanan wesel kan 11 tahun, kalau tidak diperbaiki kan malah membahayakan. Jadi kita utamakan keselamatan penumpang,” kata dia.

Selain itu, menurut dia perjalanan yang mengalami perpendekan rute di jam sibuk pun tidak banyak. “Kayak kalau pagi yang dari Bogor paling cuma 3 perjalanan yang sampai Manggarai doang, sisanya masih bisa sampai Kota,” jelasnya.

Sebelumnya diberitahukan, perjalanan KRL akan mengalami rekayasa operasi selama 11 hari. Dimulai pada 13 hingga 23 Februari 2020. Keputusan ini diambil karena PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) bersama PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta akan melakukam peningkatan keandalan prasarana perkeretaapian berupa penggantian wesel di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota.

Kegiatan ini penting untuk peningkatan keselamatan san kelancaran pelayanan kereta. “Rekayasa pola operasi perlu dilakukan untuk menjamin keselamatan dan mengantisipasi kepadatan antrian KRL di lintas Stasiun Cikini – Stasiun Jakarta Kota selama pekerjaan berlangsung,” kata VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam keterangan tertulis, Selasa (11/2).

Anne menjelaskan rute yang terdampak akibat kegiatan inu yakni relasi Bogor/Depok – Jakarta Kota dan Cikarang/Bekasi – Jakarta Kota.Sebagian perjalanan hanya sampai Stasiun Manggarai untuk selanjutnya kembali ke stasiun asal. Sedangkan untuk relasi perjalanan lainnya akan beroperasi normal. Total ada 45 perjalanan kereta yang berakhir di Manggarai, dan 1 perjalanan dibatalkan.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Sabik Aji Taufan


Close Ads