alexametrics

Tawuran Tidak Pengaruhi Perjalanan Kereta di Stasiun Manggarai

12 Oktober 2019, 18:15:35 WIB

JawaPos.com – Persiapan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral di ibu kota terus dimatangkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Tak terkecuali menyangkut pengamanan lintasan dari aksi tawuran warga sekitar stasiun.

Tawuran antar warga di kawasan Manggarai kerap terjadi. Sering kali tawuran merembet ke lintasan kereta dan menyebabkan terganggunya perjalanan KA dan Kereta Rel Listrik (KRL).

“Kita ada standar pengamanan prasarana transportasi sendiri. Tawuran ini salah satu concern kita, meski itu adalah ranah aparat keamanan,” ungkap Kasubag Humas Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Supandi kepada JawaPos.com, Sabtu (12/10).

Penumpang KRL saat menunggu kereta di Stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Stasiun Manggarai bakal mengambil alih peran Stasiun Gambir sebagai persinggahan dan persimpangan utama kereta terutama jarak jauh di DKI Jakarta mulai 2021. Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com

Pengamanan bakal ditingkatkan saat Stasiun Manggarai resmi jadi stasiun sentral menggantikan Gambir. Sehingga menganggu lalu lintas KA meski terjadi tawuran antarwarga.

“Kita akan koordinasi dan kolaborasi dengan semua stakeholder, Pemprov DKI, Diashub, Kepolisian juga KAI agar stasiun terjaga dan siap jika ada keadaan yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

Diketahui, Stasiun Manggarai akan beroperasi penuh sebagai stasiun sentral pada 2021 mendatang. Seluruh aktivitas penumpang KA jarak jauh dipusatkan di Manggarai.

Suasana tawuran warga di Manggarai yang sempat membuat perjalanan KRL terganggu (Istimewa)

Camat Tebet, Dyan Airlangga menuturkan mengetahui rencana Stasiun Manggarai menjadi pusat perkeretaapiaan di Jakarta. Sehingga, pihaknya akan berkordinasi dengan instansi terkait terkait tawuran yang rawan terjadi di Manggarai.

“Pasti kita akan ambil langkah-langkah antisipasi yang tentunya bekerja sama dengan pihak kepolisian dan TNI seperti persuasif dan represif,” kata Dyan Airlangga.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Abdul Rozak



Close Ads