alexametrics

Jajal Jalur Sepeda Fase II, Anies: Ada Tempat Parkir di Stasiun MRT

12 Oktober 2019, 14:41:01 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar uji coba jalur sepeda fase II. Jalur ini membentang sejauh 23 kilometer, dimulai dari persimpangan Fatmawati di Jalan TB Simatupang hingga Bundarah Hotel Indonesia (HI). Ini merupakan program lanjutan dari jalur sepeda di fase I dari Velodrome hingga Jalan Medan Merdeka Selatan.

“Kita ingin mendorong bersepeda bukan hanya sebagai alat olahraga saja, tetapi sepeda juga sebagai kegiatan transportasi,” kata Anies, Sabtu (12/10).

Dari hasil uji coba tersebut, Anies mengatakan ada sejumlah persimpangan yang harus dilakukan rekayasa lalu lintas supaya memudahkan pesepeda. Selain itu tetap tidak mengganggu kendaraan bermotor. Kondisi lintasan pun tak luput dari evaluasi. Karena masih ada sejumlah titik yang kondisinya bergelombang. Serta marka jalannya belum dibuat. Sehingga tak ada penanda jalur sepeda dan kendaraan bermotor.

Area pembatas jalan semantara waktu juga masih menggunakan cone. Belum dibuat secara permanen menggunakan double cap, yang bentuknya mirip MCB pembatas jalur busway. Selain itu, masih ditemukan kendaraan bermotor yang menyerobot jalur sepeda. Seperti di Jalan Pramuka. Terkait hal ini, Anies masih memaklumi. Sebab, masih dalam tahap uji coba.

Uji coba jalur sepeda dilakukan pada 20 September-19 November 2019. Selanjutnya akan dikenakan sanksi bagi pelanggarnya yakni berupa denda tilang Rp 500 ribu. Ada 3 fase rute yang akan dibangun. Fase pertama yakni meliputi Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan MH Thamrin, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Proklamasi, Jalan Pramuka, dan Jalan Pemuda.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melakukan uji coba jalur sepeda fase II, Sabtu (12/10) (Istimewa)

Untuk fase dua dari Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, dan Jalan RS Fatmawati Raya. Sedangkan Fase tiga dari Jalan Tomang Raya, Jalan Cideng Timur, Jalan Kebon Sirih, Jalan Matraman Raya, Jalan Jatinegara Barat, dan Jalan Jatinegara Timur.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menyampaikan, nantinya para pesepeda di Jakarta akan dimanjakan dengan dibangunnya sejumlah lahan parkir di area angkutan umum. Target pada akhir 2019 sudah tersedia lahan parkir di seluruh stasiun MRT.

“Sekarang stasiun-stasiun MRT di pintu masuk dan keluarnya akan disediakan parkir sepeda. Nanti juga kita taruh di halte-halte sehingga kita bisa menggunakan sepeda untuk first mile dan last mile dalam menggunakan kendaraan umum,” ucap Anies.

Sementara itu, adanya jalur sepeda di atas trotoar seperti di Jalan Jenderal Sudirman tak perlu dikhawatirkan. Nantinya, akan dilengkapi dengan marka pembatas jalan. Sehingga ada pemisah dengan pejalan kaki.

“Memang akan lewat trotoar, tujuanya Kita ingin memberi keselematan, keamanan dan kenyamanan bagi penggunan sepeda ini. Sehingga menjadi primadona dalam melakukan aktivitas,” kata Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Adanya jalur sepeda di atas trotoar sendiri karena lebar trotoar yang memungkinkan. Sedangkan trotoar yang sempit tidak akan digunakan untuk jalur sepeda.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads