alexametrics

UP PKB Ujung Menteng Bersolek, Ada Museum Mini dan Jalur Pejalan Kaki

12 September 2019, 17:49:28 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Kota Jakarta Utara terus berupaya keras mengurangi polusi udara. Ajakan penggunaan transportasi umum telah diintrusikan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN). Selain itu, berbagai tempat pelayanan seperti Terminal, Uji KIR dan lainnya telah difasilitasi parkir sepeda serta jalur khusus pejalan kaki.

Salah satunya di Kantor Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Ujung Menteng, Cakung. Baru-baru ini kantor tersebut telah dilengkapi jalur khusus pejalan kaki yang dicat berwarna hijau.

Kepala UPT PKB Ujung Menteng Dedy Dwi Widodo mengatakan, jalur khusus bagi pejalan kaki ini dibuat dari gerbang masuk utama sampai ke lobi dan pojok kuliner UKM sepanjang kurang lebih 500 meter. “Penyediaan jalur khusus pejalan kaki ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan mengurus uji KIR kendaraannya,” terang Dedy, kamis (12/9).

Dedy menyebut, penyediaan jalur khusus sepeda ini menindaklanjuti instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Dimana dalam Ingub DKI Nomor 66/2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Selain itu juga Instruksi Kadis Perhubungan DKI nomor 103/2019 tentang Perhubungan Angkutan Umum bagi Pegawai Dishub DKI setiap hari Rabu.

“Tidak hanya jalur khusus pejalan kaki, kami juga menyediakan areal parkir sepeda, areal parkir kursi roda penyandang disabilitas dan areal parkir ojek online. Jadi semua tertata rapih,” tuturnya.

Selain itu, UP PKB Ujung Menteng juga memiliki museum mini. Museum ini diisi dengan peralatan uji KIR yang bisa dibilang cukup tua. Adanya museum mini ini, masyarakat yang datang ke kantor Uji KIR dapat belajar dan mengenal alat KIR tempo dulu. “Meski terbilang tua, seluruh alat uji mekanis era 1980-an ini masih berfungsi dengan baik,” jelasnya.

Dedy menjelaskan, museum mini terletak di sisi barat lobi utama ini memamerkan alat-alat uji mekanis kendaraan tempo doeloe. Terdapat pula foto dokumentasi peresmian UP PKB Ujung Menteng pada 8 Juni 1983 oleh Gubernur DKI R Soeprapto. Selain iti ada pula alat uji mekanis zaman dulu seperti alat uji rem, alat ketok untuk peneng, alat uji emisi kendaraan dengan BNM solar dan bensin.

“Lalu ada mesin ketik zaman dulu, alat tes kincup roda depan, alat uji utama. Kemudian buku uji tahun 1980-an dam kartu Induk kendaraan dan lainnya,” terangnya.

Fasilitas iti tidak hanya di UP PKB Ujung Menteng, melainkan di UP PKB Pulogadung juga telah menyiapkan jalur khusus pejalan kaki. Namun, pada UP PKB Pulogadung belum ada tempat parkir sepeda.

“Sekarang kita baru siapkan jalur khusus untuk pejalan kaki, pekan depan kita juga akan disiapkan jalur khusus sepeda lengkap dengan areal parkirnya,” kata Kasubag TU UP PKB Pulogadung Fatchuri.

Fatchuri menyebut, akses jalur khusus pejalan kaki dibuat mulai dari depan gerbang utama menuju lobi hingga ke Masjid Al Ikhkas. Tidak hanya itu, jalur khusus bagi pejalan kaki ini juga dibuat mengelilingi gedung hingga ke taman. Menurutnya, pembuatan jalur khusus pejalan kaki dan sepeda ini menjadi salah satu sarana prasarana yang lebih diprioritaakan bagi pejalan kaki dan pengguna sepeda.

“Selain untuk memberikan rasa aman dan nyaman, penyiapan jalur khusus bagi pejalan kaki dan pesepeda ini juga sebagai bentuk tindaklanjut dari program zona integritas di wilayah UP PKB Pulogadung,” tutupnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Yogi Wahyu Priyono



Close Ads