alexametrics

Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Pemakaman BJ Habibie

12 September 2019, 08:22:43 WIB

JawaPos.com – Jelang pemakaman Presiden RI ketiga, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, Pemprov DKI Jakarta bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membebaskan 3 ruas jalan dari kebijakan ganjil genap. Keputusan ini diambil supaya masyarakat bisa mengakses jalan dengan mudah saat ingin mengikuti prosesi pemakaman di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

“Betul. Hasil koordinasi dengan Kadishub DKI Jakarta seperti itu,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M Nasir saat dikonfirmasi, Kamis (12/9).

Tigas ruas jalan tersebut yakni Jalan Rasuna Said, Jalan MT Haryono dan Jalan Gatot Subroto. Namun, kebijakan ini hanya berlaku pada pagi hari terhitung pada pukul 06.00 hingga 10.00. “Untuk sore hari ganjil genap itu berlaku normal seperti biasa di 25 ruas jalan,” tegas Nasir.

Sementara itu, untuk pengalihan arus lalu lintas hanya diberlakukan di area TMP Kalibata. Kendaraan dari arah timur, akan diputar balikan ke traffic light (TL) Dewi Sartika. Sedangkan dari arah Barat masih bisa menggunakan lajur sebelah kiri menuju timur. Total ada 278 personil yang dikerahkan untuk pengamanan lalu lintas ini.

Sedangkan untuk iring-iringan jenazah ada dua rute alternatif. Pertama, kediaman Habibie – Jalan Patra Kuningan – Jalan Rasuna Said – TL Kuningan – Jalan Gatot Subroto – TL Pancoran – Kalibata Raya – TL Kalibata – Kalibata Raya – TMP Kalibata.

Rute alternatif kedua yakni, kediaman Habibie – Jalan Patra Kuningan – Jalan Patra Kuningan VII – Jalan Dukuh Patra – Jalan Mandala Raya – Jalan Rasamala Raya – Jalan Gatot Subroto – TL Pancoran – Kalibata Raya – TL Kalibata – Kalibata Raya – TMP Kalibata.

Sebelumnya, Presiden ke-3 Republik Indonesia Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie meninggal dunia di usia 83 tahun. Habibie meninggal di Rumah Sakit RSPAD Gatot Subroto, Jakarta,setelah dirawat sejak 1 September 2019. Pihak keluarga membenarkan kabar duka tersebut.

Keponakan BJ Habibie, Adrie Subono membenarkan kabar duka tersebut. Hingga saat ini, Presiden Joko Widodo sudah tiba di RSPAD Gatot Subroto. “Benar (meninggal dunia) pukul 18.05 kurang lebih. Ini sedang pak Jokowi,” kata Adrie Subono kepada JawaPos.com, Rabu (11/9).

Sementara itu, putra kedua BJ Habibie Thareq Kemal Habibie juga membenarkan kabar duka tersebut. Dia memastikan ayahnya sudah meninggal dunia karena alasan usia. “Dengan sangat berat mengucapkan bahwa Ayah saya BJ Habibie telah meninggal dunia. Alasan meninggal adalah karena sudah menua dan itu melemah dan tidak kuat lagi. Tadi 18.05 jantungnya dengan sendiri menyerah, saya ada di situ,” ujar Thareq.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads