alexametrics

Jelang Puncak Musim Hujan, Polisi Persiapkan Satgas Banjir

12 Januari 2020, 09:23:02 WIB

JawaPos.com – Jelang puncak musim penghujan, Polda Metro Jaya menyusun strategi guna mengantisipasi terjadinya banjir. Polisi rencananya membentuk satgas terpadu terkait penangangan banjir. Satgas tersebut nantinya bekerja sama dengan beberapa instansi terkait.

“Dalam hal ini kita sudah menginisiasi, kami ada rencana pembentukan satgas terpadu terdiri dari BPBD, Polri, TNI dan instansi terkait,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana, Minggu (12/1).

Nana menjelaskan, satgas ini nantinya akan bekerja menanggulangi banjir yang datang. Seperti melakukan evakuasi terhadap korban banjir, hingga memberikan pelayanan selama di pengungsian.

“Kita memang dari awal sudah menyiapkan untuk membentuk tim memberikan pertolongan ataupun evakuasi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tambahnya.

Aspek keamanan juga menjadi fokus satgas ini. Sehingga masyarakat tak perlu khawatir meninggalkan rumahnya saat banjir terjadi. Petugas akan secara berkala mengecek kondisi rumah-rumah warga.

“Selama ini banyak masyarakat mengungsi dari kediamannya. Sampai ke tingkat bawah sudah disampaikan ke Polsek untuk mengamankan, patroli rumah-rumah yang ditinggal masyarakat,” jelas Nana.

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat itu menyampaikan, satgas ini juga akan bertugas dalam hal pelayanan kesehatan. Posko-posko kesehatan akan dibuat. Sehingga korban terdampak banjir, bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan banjir.

“Rencana kami akan membuat posko kesehatan. Ini akan kita lakukan di beberapa lokasi yang terkena banjir,” tandas Nana.

Editor : Kuswandi

Reporter : Sabik Aji Taufan


Close Ads