alexametrics

45 Kamera ETLE Tambahan Ditargetkan Aktif Pada Februari 2020

12 Januari 2020, 09:42:42 WIB

JawaPos.com – Polda Metro Jaya bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus mengembangkan teknologi kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), guna menekan angka kemacetan di ibu kota. Penambahan kamera terus dilakukan agar penindakan hukum berjalan efektif.

Rencanya, pada Februari mendatang akan ada penambahan 45 kamera baru. Kamera akan dipasang di ruas jalan perluasan ganjil genap. Hanya saja penempatan 45 kamera ini belum disebutkan di mana saja.

“Memang ada rencana penambahan, ini lagi proses 45 titik nanti yang akan kita pasang, ini masih diinstalasi, rencana bulan Februari akan terpasang seluruhnya,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Minggu (12/1).

Penambahan kamera ETLE ini sendiri diketahui setelah ada persetujuan dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Untuk 45 kamera baru ini, Pemprov menggelontorkan dana Rp 38,5 miliar.

“Tahun ini itu sudah disetujui dana hibah untuk penambahan kamera E-TLE elektronik traffic law enforcement tadi ke Polda Metro Jaya,” kata Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo.

“Total anggarannya Rp 38,5 miliar untuk 45 kamera. Dananya diserahkan ke Polda, Polda yang mengadakan,” tambahnya.

Diketahui, Polda Metro Jaya menargetkan 102 kamera ETLE terpasang di Jakarta pada 2020. Pengembangan ETLE ini tak lepas dari hasil positif yang diraih sejak pertama kali sistem tersebut diterapkan. Berdasarkan catatan Ditlantas, sejak pertama kali dioperasikan pada 1 November 2018, hingga November 2019 ETLE telah mencatat pelanggaran sebanyak 54.074 kali.

Sebanyak 25.459 pelanggar telah melakukan konfirmasi dan pembayaran denda tilang. Serta 28.615 pelanggar yang diblokir kendaraannya. ETLE juga tercatat mampu menurunkan jumlah pelanggar lalu lintas hingga 27 persen.

Editor : Kuswandi

Reporter : Sabik Aji Taufan


Close Ads