alexametrics

Anies Serahkan Sapi Limosin di Masjid Raya Hasyim Ashari

11 Agustus 2019, 13:59:00 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan sapi Limosin seberat 1 Ton kepada panitia kurban di Masjid Jami Hasyim Ashari, Cengkareng, Jakarta Barat. Selain Gubernur, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah juga menyerahkan hewan kurban (sapi) di Masjid tersebut.

Kepala Sekretariat Masjid Jami Hasyim Ashari, Suprapto mengatakan pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Raya Hasyim Asy’ari akan dilaksanakan hari Senin (12/8) besok. Ada sebanyak 12 ekor sapi yang akan disembelih. Untuk penyembelihan hewan kurban itu sendiri akan dilakukan dari pukul 8.00 pagi hingga selesai.

“Jumlah hewan qurban 12 ekor sapi. Salah satunya sapi dari Gubernur DKI, pak Anies Baswedan, jenis limosin. Ada juga dari Sekda, sapi biasa tapi besar,” terang Suprapto, Minggu (11/8).

Suprapto menuturkan, pihaknya akan menggunakan kantong plastik ramah lingkungan. Dipilihnya plastik ramah lingkungan yang digunakan sebagai wadah daging hewan kurban ini karena pihak panita kurban merasa kesulitan mendapatkan besek bambu di sejumlah pasar.

“Ya kita mau pakai besek cuma dari kemarin binggung nyari kemana, kita cari ke pasar tanya-tanya dari kemarin belum ada. Ya karena tidak ada kami gunakan plastik ramah lingkungan,” kata Suprapto.

Sementara itu, DKM Masjid Raya KH Hasyim Ashari, Bagian pendidikan dan Perpusataan Masjid, Sukarni menambahkan, plastik ramah lingkungan yang digunakannya ini sama halnya digunakan untuk membagikan hewan kurban pada tahun sebelumnya. Sejak beberapa tahun lalu ia sudah mengunakan plastik ramah lingkungan.

“Jenis plastik ini cenderung lebih tipis dibandingkan pada plastik umumnya. Plastik ini dapat mengurai lebih cepat dibandingkan plastik-plastik yang dijual di pasar,” tuturnya.

Tahun ini Masjid Raya Hasyim Ashari akan memotong 12 ekor sapi yang akan dibagikan kepada warga sekitar. Tahun lalu sapi yang di potong sebagai hewan kurban berjumlah 9 ekor dan 3 ekor kambing. Nantinya ada sekitar 1.000 bungkus hewan kurban yang akan dibagikan kepada warga sekitar melalui Ketua RT sebagai penyalur ke warga yang membutuhkan.

“Kalo sapi memang dari masjid, nah untuk kambing biasanya dari warga yang menyalurkan untuk dikurbankan. Tapi sampai saat ini sudah ada 12 ekor sapi yang akan dipotong besok,” ujarnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Yogi Wahyu Priyono

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads