alexametrics

Abu Hurairah Pastikan Masjid Istiqlal Gunakan Plastik Ramah Lingkungan

11 Agustus 2019, 19:46:37 WIB

JawaPos.com – Panitia kurban Masjid Istiqlal telah membagikan 5.000 daging kurban untuk lima wilyah yang tidak jauh dari lokasi masjid. Penggunaan plastik sebagai pembungkus daging pun menjadi salah satu sorotan.

Kepala Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah memastikan plastik yang menjadi tempat pembungkus daging sebelum dimasukan ke dalam besek bambu itu ramah lingkungan.

“Pasti ramah lingkungan, bahan bakunya dari bambu dan mudah terurai,” kata Abu melalui pesan singkat kepada JawaPos.com, Minggu (11/8).

Plastik yang menjadi pembungkus daging kurban sebelum ditaruh di besek yang terbuat dari bambu itu pun viral di media sosial Twitter. Aku bernama @gita_ningrum mempertanyakan pembungkus plastik tersebut ke akun @GreenpeaceID

“Iya sih pakai besek, tapi dagingnya di plastikin dulu baru diisi besek. Aah gimana sih!! (Ini pembagian daging di Masjid Istiqlal) @GreenpeaceID,” cuit gitamy ningrum.

Namun dengan tegas, Abu selaku pengurus Masjid Istiqlal membantah, bahwa plastik tersebut tidak ramah lingkungan. Dia memastikan plastik yang dipakai panitia kurban merupakan plastik yang ramah lingkungan dan mudah terurai.

“Iya memmang betul, tapi plastiknya yang ramah lingkungan cepat terurai. Produksi plastik di Joyoboyo,” ucap Abu.

Sebelumnya, panitia kurban Masjid Istiqlal menyediakan 5.000 besek bambu untuk membagikan hewan kurban yang telah disembelih kepada masyarakat. Besek bambu tersebut merupakan anjuran dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk tidak menggunakan plastik sekali pakai sebagai wadah distribusi daging kurban.

“Penerima kami perkiraan, kalau ini (sapi) 23 mungkin 5.000 sampai 6.000 kantong. Satu kantong 1 kilogram,” kata Kepala Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat (11/9).

Abu menjelaskan, besek bambu tersebut didatangkan dari pengrajin asal Tasikmalaya. Penggunaan besek ini, kata Abu, menindaklanjuti aturan yang diterbitkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Menurut Abu, proses penyembelihan hewan kurban pada tahun ini dilakukan lebih cepat. Sehingga diharapkan masyarakat mendapatkan distribusi daging kurban lebih cepat.

“Targetnya sebelum maghrib sudah didistribusikan. Kalau tahun lalu kan disembelihnya malam, jelang pagi kelar, baru dibagi,” jelas Abu.

Untuk diketahui, Masjid Istiqlal pada hari raya Idul Adha 1440 Hijriah telah menerima 43 ekor hewan kurban, yang terdiri dari 23 ekor sapi dan 20 ekor kambing. Dua di antaranya ialah sapi limosin milik Presiden Joko Widodo yang berbobot 1,07 ton dan sapi milik Wakil Presiden Jusuf Kalla berbobot 1,02 ton.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads