alexametrics

Masuk Kemarau Picu Suhu Jabodetabek Meningkat, Terpanas di Ciputat

11 Mei 2022, 20:17:12 WIB

JawaPos.com – Cuaca panas tengah melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir. Teriknya matahari juga dirasakan oleh warga.

Kepala Pusat Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Fachri Radjab mengatakan, kondisi ini dipengaruhi oleh musim kemarau yang mulai melanda Indonesia. Kondisi ini bisa berlangsung hingga bulan Oktober.

“Secara umum wilayah Jabodetabek masih akan mengalami musim kemarau sampai bulan Oktober,” kata Fachri kepada JawaPos.com, Rabu (11/5).

Lebih lanjut, Fachri menjelaskan, pada saat kemarau seperti ini, rata-rata suhu di wilayah Jabodetabek bisa berbeda-beda. “Untuk kemarin suhu tertinggi tercatat 35,5 derajat celcius di Ciputat,” jelasnya.

Kendati demikian, Fachri memastikan cuaca panas tersebut bukan fenomena berbahaya. Kondisi itu normal terjadi saat memasuki musim kemarau.

“Kondisi udara panas yang terjadi di sekitar Jabodetabek beberapa hari ini merupakan kondisi yang lazim terjadi pada periode musim kemarau saat ini, yaitu adanya pemanasan matahari yang maksimal. Jadi, bukan gelombang panas seperti yang terjadi di India,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads