alexametrics

Terekam ETLE, 625 Pemotor Terobos di Jalur Bus TJ Duren Tiga

11 Februari 2020, 19:26:52 WIB

JawaPos.com – Ratusan pengendara sepeda motor yang masih membandel terekam kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau e-tilang. Pelanggaran paling banyak karena pengendara memasuki jalur bus Transjakarta. Yaitu di daerah Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Penindakan dimulai sejak tanggal 3 Februari 2020 lalu. Selama sepekan berjalan hingga 9 Februari 2020 polisi mencatat ada 1.201 pengendara motor terekam melakukan pelanggaran. Dari 1.201 pelanggar paling banyak terekam melakukan penerobosan jalur bus Transjakarta yaitu 625 pelanggar.

“Ada 625 pelanggaran (menerobos jalur busway),” ucap Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar saat dikonfirmasi, Selasa 11 Februari 2020.

Lokasi yang paling banyak melakukan pelanggaran jenis ini yaitu di daerah Durentiga Jakarta Selatan. Tercatat ada
368 kejadian. Selain itu, pelanggaran tidak menggunakan helm juga masih ditemukan. Lalu juga tidak menyalakan lampu.

Kemudian juga mereka yang berboncengan lebih dari dua orang. Fahri menambahkan, bila dalam 14 hari setelah terekam melanggar tidak segera melakukan pembayaran dan melakukan konfirmasi maka secara otomatis akan segera terblokir.

“Untuk yang sudah mengkonfirmasi hanya separuhnya, dan mereka yang sudah dikirim surat pelanggarannya juga diminta untuk segera melakukan konformasi dan pembayaran denda tilang,” kata dia.

Editor : Bintang Pradewo


Close Ads