alexametrics

Melihat Kesiapan Bandara Soetta Menghadapi Risiko Kebakaran

10 September 2019, 20:55:55 WIB

JawaPos.com – Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) adalah objek vital yang harus mendapatkan pengawalan dan pengawasan ekstra. Sebab, bandara adalah etalase negara. Apalagi Soetta bandara tersibuk di Tanah Air.

Untuk itu, PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang Utama Bandara Soetta memastikan elemen yang terkait memiliki keisapan menghadapi ancaman terburuk. Salah satunya risiko ancaman kebakaran.

Manager Komunikasi Bandara Soetta Febri Toga Simatupang mengatakan, pihaknya terus melatih, memelihara, dan meningkatkan kemampuan komunitas di lingkungan bandara. Baik pegawai, mitra, maupun stakeholder .

“Kebakaran bukan hanya tanggung jawab petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PK-PPK) saja, tapi seluruh elemen yang terdapat di bandara” jelas Febri, Selasa (10/9).

Petugas Bandara Soetta ketika mengikuti latihan pemadaman kebakaran (AP II Cabang Bandara Soetta for JawaPos.com)

Maka dari itu, katanya, perlu rutinitas latihan bagi elemen terkait. Minimal mereka meningkat upaya pencegahan dan respons cepat untuk melakukan tindakan awal pemadaman kebakaran. Langkah itu dapat mengurangi akibat dari kebakaran.

Adapun latihan pencegahan kebakaran dilangsungkan di gedung terminal kargo. Latihan itu diikuti 80 peserta relawan yang berasal dari seluruh entitas yang beraktivitas di Terminal Kargo. Seperti Polres Bandara Soekarno-Hatta dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Bandara Soekarno-Hatta.

Editor : Ilham Safutra



Close Ads