alexametrics

Solidaritas Mahasiswa di Jakarta untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Turun ke Jalan, Galang Dana
9 Desember 2021, 09:51:54 WIB

JawaPos.com – Musibah erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur membuat pemerintah daerah setempat memberlakukan tanggap darurat. Ada ribuan warga yang mengungsi untuk bisa bertahan hidup pasca erupsi.

Kondisi itu memantik rasa solidaritas masyarakat Tanah Air. Mereka bersatu mengulurkan tangan memberikan bantuan untuk para korban. Termasuk juga mahasiswa. Mereka turun ke jalan. Kali para mahasiswa tersebut turun ke jalan untuk menggalang dana.

Di Jakarta, mahasiswa yang tergabung dalam sejumlah komunitas atau himpunan itu bergerak bersama Indonesia Care melakukan penggalangan dana di sejumlah titik sejak Rabu (8/12). Mereka adalah Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) komisariat Cireundeu, Sada Jakarta, Himapokus Jabodetabek, KMA PTIQ-IIQ, KMJ UIN Jakarta, dan KMM Cirendeu.

Ketua HMI Komisariat Cireundeu Raihan Edimara mengaku para mahasiswa tergerak melihat sejumlah foto dan video yang beredar di sosial media saat bencana erupsi terjadi.

“Sangat mengerikan dan membuat trauma pastinya. Kami ingin bersamai mereka. Lewat cara inilah (menggalang donasi) kita bisa bersamai mereka. Sedikitnya kita dapat ikut meringankan derita mereka,” ujar Raihan Edimara kepada JawaPos.com, Kamis (9/12).

Raihan yang merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta itu bersama sejumlah aktivis mahasiswa dari berbagai komunitas mengaku bergabung dengan Brigade Relawan Nusantara (BRN) Indonesia CARE. Mereka berupaya berbuat untuk kemanusiaan.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads