alexametrics

Groundbreaking Masjid Apung, Anies: Harus Tepat Waktu dan ‘On Budget’

9 November 2019, 18:59:15 WIB

JawaPos.com – Pembangunan Masjid Apung Ancol di Pantai Ria Ancol, Jakarta Utara resmi dimulai. Sabtu (9/11) sore, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla meletakkan batu pertama (groundbreaking) pembangunan tempat ibadah tersebut.

Dalam sambutannya, Anies merasa bersyukur pembangunan Masjid Apung Ancol dapat terealisasi. Dia yakin, masjid apung ini nantinya dapat memberikan pengalaman baru kepada masyarakat yang datang berlibur di kawasan Ancol.

“Masjid ini jadi salah satu pengalaman unik. Di dalamnya, mereka berjalan ke Ancol. Kita berharap Ancol bukan saja jadi tempat bagi Pemprov untuk mendapatkan pendapatan yang cukup, tapi juga fungsi sosial dan fungsi pembangunan,” kata Anies di lokasi.

Masjid dengan model terapung ini, menjadi yang pertama di Jakarta. Dia berharap tempat ibadah bisa dibangun di tempat-tempat lain. Karena selain memiliki nilai keindahan, juga meningkatkan kenyamanan warga dalam beribadah.

“Pesan saya on schedule, on quality, on budget. Kalau tiga ini dipegang, akhir tahun depan kita bisa rasakan masjid ini. Dan Ramadan tahun depan, masjid ini bisa jadi tempat iktikaf,” imbuh Anies.

Sementara itu, JK mengatakan, masjid apung ini nantinya bisa menjadi wisata religi baru. Selain itu, juga bisa memenuhi kebutuhan pengunjung Ancol yang hendak melaksanakan ibadah.

“Tadi saya katakan, dulu Ancol terasosiasi dengan hiburan. Karena jadi hiburan, keluarga, orang pun tak punya batas waktu. Dulu Ancol malam ramai, kalau sekarang siang malah lebih ramai. Itu hubungannya kebutuhan pokok waktu dan ibadah,” ucapnya.

Sebagai informasi, masjid Apung Ancol ini dibangun di atas lahan seluas 2.000 meter persegi, dengan daya tampung 2.500 jamaah. Bangunannya didesain berbentuk segi lima, yang mencerminkan rukun Islam dan waktu salat wajib dalam satu hari.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads