alexametrics

Kemenhub: Manggarai Jadi Stasiun Sentral Pada 2021

9 Oktober 2019, 14:57:50 WIB

JawaPos.com – Stasiun Manggarai, dipastikan menjadi stasiun sentral pada 2021 mendatang menggantikan Stasiun Gambir, Jakarta. Hasil kajian dan studi Kementerian Perhubungan menyebut Stasiun Manggarai dinilai paling layak menjadi stasiun utama ibu kota.

Kasubag Humas Direktorar Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Supandi membantah rencana itu ‘ujug-ujug’ ada. Tetapi hasil dari kajian dan studi yang Kementerian Perhubungan beberapa tahun lalu.

“Hasil kajian serta studi, dari banyak stasiun di Jakarta yang paling pas untuk dikembangkan jadi stasiun sentral adalah Manggarai,” kata Supandi saat dihubungi JawaPos.com, Rabu (9/10) siang.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya saat memantau pembangunan Stasiun Manggarai. (Abdul Rozak/JawaPos.com)

Stasiun Manggarai dengan lintasan eksisting jadi titik pertemuan kereta dari Bogor, Bekasi, Tanah Abang dan Jakarta Kota. Kondisi itu tidak terjadi Stasiun Gambir yang selama ini diposisikan sebagai stasiun sentral.

Stasiun Manggarai dilintasi oleh kereta rel listrik (KRL) Commutter Line, KA jarak jauh, kereta angkutan barang dan KA Bandara untuk rute Stasiun Manggarai – Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pantauan JawaPos.com, saat ini, proses pembangunan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral masih berlangsung. Diperkirakan akan beroperasi penuh pada 2021 mendatang. Namun, yang paling mendesak terlihat pada perlintasan 6, 7, dan 8. Proses pembangunan bisa membahayakan pengguna kereta yang melintas di sana.

40 Ribu Penumpang Sehari

Grand desain pembangunan Stasiun Manggarai. (Istimewa)

Dihubungi terpisah, Senior Manager Humas DAOP 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan volume penumpang di Stasiun Manggarai memang cukup padat. Namun, Eva tidak mau menjawab soal rencana Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral.

“Saat ini penumpang 40 ribu per hari,” singkat Eva mengakhiri pembicaraan.

Rawan Tawuran

Sementara itu, Camat Tebet, Dyan Airlangga mengaku sudah mengetahui rencana Stasiun Manggarai menjadi pusat perkereta apiaan di Jakarta. Sehingga, pihaknya akan berkordinasi dengan instansi terkait terkait tawuran yang rawan terjadi di Manggarai.

“Pasti kita akan ambil langkah2 antisipasi yang tentunya bekerja sama dengan pihak kepolisian dan TNI seperti persuasif dan represif,” kata Dyan Airlangga.

Stasiun Manggarai/ Dery Ridwansah (JawaPos.com)

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Abdul Rozak



Close Ads