alexametrics

Vaksinasi Di Jakarta Sudah Bisa Dilakukan Kepada Non Nakes dan Lansia

9 Juni 2021, 14:23:11 WIB

JawaPos.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyetujui perluasan sasaran pemberian vaksinasi Covid-19 yang diajukan oleh Pemprov DKI Jakarta. Dengan begitu, maka vaksinasi sudah bisa diberikan kepada warga non tenaga kesehatan (nakes) atau lanjut usia (lansia).

Kebijakan ini tertuang dalam surat Kemenkes RI Nomor SR.02.04/II/1496/2021 tertanggal 7 Juni 2021. Surat tersebut dikeluarkan sebagai balasan atas surat yang diajukan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

“Provinsi DKI Jakarta dapat memperluas sasaran vaksinasi Covid-19 kepada seluruh penduduk usia 18 tahun ke atas,” demikian bunyi surat yang dikeluarkam Kemenkes.

Sementara itu, Jubir vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi membenarkan surat tersebut. “Benar resmi,” ucapnya saat dikonfirmasi JawaPos.com, Rabu (9/6).

Dalam surat tersebut selanjutnya dijelaskan jika pemberian vaksinasi di DKI Jakarta tetap diprioritaskan kepada tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan, kelompok masyarakat lanjut usia (lansia), petugas pelayanan publik dan kelompok masyarakat rentan.

Adapun Kemenkes RI menyetujui perluasan sasaran vaksinasi di Jakarta karena berbagai alasan. Seperti perkembangan kasus Covid-19. Bahkan dalam sepekan terakhir, Kemenkes mencatat presentase kasus positif di Jakarta sepekan terakhir mencapai 7,62 persen (di atas 5 persen).

Kemudian pelaksanakan vaksinasi Covid-19 di Jakarta sudah memasuki tahap 3 dengan sasaran masyarakat rentan. Namun, masih terbatas. Alasan terakhir karena Jakarta adalah ibu kota negara. Jakarta menjadi pusat pemerintahan sekaligus ekonomi nasional.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads