alexametrics

PSBB Jakarta: Muatan Angkutan Umum Hanya Boleh Separo

9 April 2020, 23:56:26 WIB

JawaPos.com – Selain orang, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta juga mengatur operasional angkutan umum. Jumlah penumpang hanya boleh diisi separo dari kapasitas.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, selama berlakunya PSBB moda transportasi angktuan umum di Jakarta mulai dibatasi. Kapasitas angkutan umum hanya 50 persen. Waktu operasional pun dikurangi. “Dari pukul 6.00 hingga 18.00,” kata Anies dalam konferensi persnya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (9/4).

Ketentuan itu diatur dalam Pasal 18 poin 7 dalam Peraturan Gubernur Nomor 33/2020. Setiap orang masih diperbolehkan untuk berpergian, tapi hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok. “Jadi secara prinsip dilarang berpergian kecuali untuk penuhi kebutuhan pokok,” ujar Anies.

Oleh karena itu, kendaraa pribadi seperti roda empat pun turut dibatasi. Pembatasan sementara kapasitasnya maksimal harus 50 persen.

“Batas maksimal dalam satu kendaraan roda 4 adalah 50 persen dari kapasitas kursi dan semua wajib gunakan masker,” tegas Anies.

Sebagaimana diketahui, PSBB berlaku pada Jumat (10/4) hingga 14 hari ke depan. Status PSBB bisa diperpanjang jika penanganan korona atau Covid-19 di Jakarta tak kunjung terkendali.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Muhammad Ridwan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads