alexametrics

Strategi Kanalisasi Diklaim Efektif Urai Kemacetan di Jalur Penyekatan

8 Juli 2021, 13:20:44 WIB

JawaPos.com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan strategi kanalisasi untuk mengurai kepadatan kendaraan pada area penyekatan. Upaya penyekatan ini merupakan strategi dari kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali yang berlaku pada 3-20 Juli 2021.

Kanalisasi yang dimaksud ialah memisahkan antara jalur sepeda motor dan jalur mobil. Serta menyiapkan jalur khusus untuk tenaga kesehatan dan kendaraan darurat.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengklaim, upaya tersebut dinilai efektif mengurangi kemacetan. Hal ini setelah mengecek langsung ke lokasi-lokasi penyekatan.

“Alhamdulillah hasil pemantauan hari pertama kemarin setelah kanalisasi kemacetan jauh sungguh berkurang. Titik2 penyekatan yang biasanya kalau pagi antrean 1 kilometer. Kemarin paling panjang 50 sampai 100 meter. Itupun antrean sepeda motor. Roda 4 hanya sekitar 8-10 antrean kendaraan setelah itu sudah tidak ada,” kata Sambodo, Kamis (8/7).

Sambodo mengatakan, keberhasilan ini menjadi bukti bahwa manajemen penyekatan lebih baik, serta kesadaran masyarakat meningkat. Dia menyebut, mobilitas hanya dilakukan oleh masyarakat yang bergerak di bidang kritikal dan esensial.

“Jadi dua faktor itu. Masyarakat yang bergerak juga kesadarannya sudah semakin tinggi dan manajemen penyekatan sudah semakin bagus,” ujar Sambodo.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads