alexametrics
Pilkada Serentak 2020

Versi RNI, Putri Wapres Terpilih Ma’ruf Amin Terpopuler di Tangsel

7 Oktober 2019, 19:30:33 WIB

JawaPos.com – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan menggelar pilkada pada 2020. Sejumlah nama kandidat sudah bermunculan untuk bisa bertarung memperebutkan kursi wali kota.

Beberapa lembaga survei pun sudah merilis riste popularitas para kandidat wali kota Tangsel. Salah satunya adalah Survei Riset Network Indonesia (RNI). Dalam hasil surveinya yang terbaru itu disebutkan ada sepuluh nama yang memiliki elektabilitas dan popularitas cukup bisa menjadi modal maju di pilkada.

Untuk elektabilitas, figur-figur itu di antarannya adalah Muhammad (39,74 persen), Benyamin Davnie (25,64 persen), Putri Wapres terpilih Ma’ruf Amin Siti Nur Azizah Ma’ruf (23,36 persen), Arsid (19,23 persen) dan Andiara Aprilia (3,85 persen).

Namun, soal popularitas bakal calon wali kota, persentase Siti Nur Azizah termasuk yang paling tinggi, yakni 48,36 persen. Di bawahnya ada Benyamin Davnie di angka 47,75 persen. Sementara, popularitas Andiara berada di angka 10,13 persen dan Arsid di angka 25,01 persen.

Dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Direktur Eksekutif RNI Sofian Hadi menyatakan, popularitas Siti Nur Azizah terdongkrak dengan pemberitaan media dan popularitas sang ayah, Ma’ruf Amin, sebagai wapres terpilih.

Kondisi yang menguntungkan bagi Azizah itu tentu saja dapat memengaruhi persepsi masyarakat terhadap Pilkada Tangsel 2020. “Posisi sang Ayah tentu saja sangat mempengaruhi popularitas sang Anak,” imbuhnya.

Sofian menjelaskan, penelitian yang RNI lakukan adalah riset kuantitatif, berupa wawancara tatap muka langsung dengan 800 responden dari tanggal 20 September sampai dengan 30 September 2019 dengan Margin of Error 3,6 persen dan tingkat kepercayaan adalah 95 persen. Hasil yang diperoleh cukup mengejutkan.

“Kami menemukan di lapangan bahwa hanya 31,49 persen masyarakat Tangsel yang mengetahui akan ada Pemilu di Tangerang Selatan tahun 2020 nanti, artinya tugas berat bagi KPU untuk mensosialisasikan Pilkada kepada masayarakat,” jelas Hadi, Senin (7/10).

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads