alexametrics

Anies Izinkan 8 Sektor Ini Beroperasi Selama PSBB DKI Jakarta

7 April 2020, 23:06:22 WIB

JawaPos.com – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta siap diberlakukan pada Jumat (10/4) mendatang. Dalam ketentuannya terdapat delapan sektor kegiatan usaha yang masih diizinkan beroperasi.

Gubernur Anies Baswedan menyebut bahwa Jakarta adalah pusat perekonomian di Indonesia. Maka, dari itu ada sejumlah sektor yang mendapat pengecualian selama PSBB diberlakukan di Jakarta. “Delapan sektor itu tetap dibolehkan melakukan aktivitas seperti biasa,” ujar Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa malam (7/4).

Kedelapan sektor tersebut adalah bidang kesehatan, pangan, energi, komunikasi, keuangan perbankan, logistik, kebutuhan keseharian, dan industri strategis.

Untuk bidang kesehatan tidak hanya meliputi rumah sakit dan klinik saja. Usaha produksi alat kesehatan juga diperbolehkan. Terutama untuk industri produksi alat disinfektan dan hand sanitizer. “Kegiatan seperti itu saat ini sangat relevan dalam upaya mengantisipasi covid-19,” imbuh eks Rektor Universitas Paramadina itu.

Untuk energi meliputi penyedian air, pendistribusian gas, listrik dan SPBU. Bidang komnikasi meliputi jasa komunikasi dan media komunikasi.

Untuk organisasi sosial yang terkait dengan penanganan covid-19 seperti pengelola zakat, lembaga pengelola bantuan sosial atau NGO di bidang kesehatan bisa tetap beraktivitas seperti biasa.

Bagi sektor yang tadi dikecualikan itu melaksanakan kegiatan dengan mengikuti protap yang berkaitan dengan Covid-19. Yaitu mengedepankan prinsip physical distancing. Personelnya harus menggunakan masker, tempat usaha itu menyiapkan fasilitas cuci tangan yang mudah. Personelnya melakukan cuci tangan secara rurin. “Dengan begitu kesehatan mereka tetap terjaga,” kata Anies.

Sebagaimana diketahui, PSBB DKI Jakarta mulai dilaksanakan pada Jumat, 10 April 2020. Kebijakan itu berlangsung 14 hari dan dapat diperpanjang tergantug situasi dan kondisi terkait covid-19.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Sabik Aji Taufan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads