alexametrics

Taman Puring Tiap Hari Dijadikan Lapang Bola oleh Anak-anak

6 Agustus 2022, 15:34:41 WIB

JawaPos.com – Sejak resmi rampung direvitalisasi tahun 2020, Taman Puring, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, jadi sering dikunjungi anak-anak yang sedang ingin bermain. Ada yang bersama orang tuanya atau bahkan hanya khusus dengan anak-anak lain, salah satunya untuk bermain bola.

Taman Puring yang sejak awal pembangunannya bertujuan untuk menjadi kawasan ramah anak itu tampaknya sudah terealisasi. Tidak hanya memanfaatkan fasilitas permainan yang sudah disediakan, anak-anak juga terlihat memakai beberapa area yang kosong di Taman Puring sebagai lapangan sepak bola.

Joli, 14, anak yang asalnya dari Kampung Dukuh, Gandaria, mengatakan setiap hari bermain bola dengan teman-temannya di area Taman Puring. Sejak direvitalisasi, menurutnya taman tersebut telah memberikan fasilitas yang baik untuk ia dan teman-temannya bermain sepak bola.

“Tiap hari main di sini, luas juga soalnya. Kecuali Jumat paling,” ujarnya, Sabtu (6/8).

Sebelum direvitalisasi, Taman Puring menurut Joli tak bisa dinikmati keberadaannya. “Mau main bola juga sempit,” katanya mengenang masa sebelum Taman Puring direvitalisasi.

Oleh karena itu, ia mengaku senang saat taman tempat biasanya bermain diperbaiki. Joli dan teman-temannya jadi bisa bermain bola dengan leluasa. Namun begitu, ia mengaku hanya menggunakan bola plastik untuk bermain. Hal itu dilakukan agar tidak merusak tanaman di kawasan yang mengonsep Ruang Hijau Terbuka itu.

“Pakai bola kulit gak boleh soalnya takut ngerusak tanaman,” katanya.

Meski pada hari-hari libur Taman Puring selalu ramai, menurut Ijud, 13, teman Joli yang biasa bermain bola di posisi bertahan mengatakan bahwa di hari biasa pengunjung tak begitu banyak. “Malah kadang gak ada yang datang,” ceritanya.

Namun, saat weekend tiba, pengunjung justru jadi tiba-tiba membeludak. Mulai dari anak-anak seperti mereka hingga orang-orang dewasa yang hanya datang sekadar nongkrong. “Tuh yang pacaran juga ada. Besok apalagi, pasti rame banget,” selorohnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Tazkia Royyan Hikmatiar

Saksikan video menarik berikut ini: