alexametrics

Pemprov DKI akan Gelar Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur

Ada Kelas Burung Anis Merah
6 Agustus 2022, 05:30:16 WIB

JawaPos.com – Pemprov DKI Jakarta akan melangsungkan Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur Jakarta. Kegiatan tersebut berkolaborasi dengan para komunitas pecinta burung di DKI Jakarta.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, kegiatan ini dapat terlaksana atas kolaborasi bersama komunitas Branjes Batavia, B16, NZR, Ebod Jaya, dan komunitas burung lainnya. “Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur berlokasi di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Target peserta dalam kegiatan ini sebanyak 4.000 orang dari komunitas pecinta burung,” ujarnya, Jumat (5/8).

Menurut Suharini, rangkaian kegiatan Lomba Kicau Burung ini terdiri atas Pra Piala Gubernur yang akan dilaksanakan pada 6-7 Agustus 2022 dan Piala Gubernur. “Waktu pelaksanaannya akan diinfokan lebih lanjut,” terangnya

Suharini menambahkan bahwa tujuan ini untuk mengajak masyarakat turut menjaga kelestarian burung. Terutama jenis burung yang hampir punah dan mulai jarang ditemukan di habitat aslinya.

“Seperti burung jenis Anis Merah. Burung endemik Jawa dan Bali ini memang sulit dikembangbiakkan. Kelas lombanya pun jarang diadakan,” katanya.

Dalam Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur ini ada beberapa kelas yang diadakan. Di Lapangan A, ada kelas burung Muray Batu, Cucak Hijau, Lovebird, Kacer, Konin, Crukcukan dan Tledekan. Di Lapangan B, kelas burung Muray Batu Borneo, Anis Merah, Kenari, Jalak Suren dan SRDC (Sikatan Rimba Dada Cokelat). Di Lapangan C ada kelas Branjangan Parva dan Branjangan Java.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Tazkia Royyan Hikmatiar

Saksikan video menarik berikut ini: