alexametrics

Dinkes Bogor Catat Grafik Kasus Positif Covid-19 Naik

6 Juli 2022, 17:29:10 WIB

JawaPos.com–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor mencatat data grafik kasus positif Covid-19 terus naik sejak pertengahan Juni hingga awal Juli. Dari semula di bawah lima orang per hari menjadi di atas 20 per hari.

Sekretaris Dinkes Erna Nuraena menyatakan, dengan kenaikan kasus positif Covid-19 itu Satgas Covid-19 setempat akan kembali menggencarkan kepatuhan protokol kesehatan (prokes), melakukan tes dan pelacakan masyarakat yang terpapar serta mengejar target vaksinasi. ”Edukasi prokes lagi, tetap melaksanakan tes dan pelacakan, melakukan tatalaksana kasus sesuai derajat sakit, melaksanakan vaksinasi,” kata Erna Nuraena seperti dilansir dari Antara.

Satgas Covid-19 Kota Bogor, kata Erna Nuraena, akan melakukan upaya menekan penyebaran penyakit dari virus korona itu serta mengejar vaksinasi penguat seiring penyebaran sub varian Omicron BA.4 dan BA.5.

Sebelumnya, menanggapi penyebaran Covid-19 yang kembali meningkat, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi selaku Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan melalui keterangan resmi, Senin (4/7), mengatakan pemberlakuan vaksin booster sebagai syarat mobilitas masyarakat baru akan diterapkan paling lama dua pekan lagi. Vaksinasi penguat akan menjadi syarat perjalanan dan masuk mal.

Keputusan tersebut merujuk pada hasil rapat terbatas kabinet yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan akan diatur melalui peraturan Satgas Penanganan Covid-19 dan peraturan turunan lainnya.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril pun telah mengatakan, rencana pemerintah menerapkan vaksin dosis penguat atau booster sebagai syarat perjalanan merupakan bentuk pengetatan protokol kesehatan seiring laju peningkatan kasus Covid-19 di sejumlah daerah.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: