alexametrics

Arus Balik, 39.300 Penumpang KA Tiba di Jakarta Hari Ini

6 Mei 2022, 12:58:36 WIB

JawaPos.com – PT KAI Daop 1 Jakarta mengungkapkan, masa angkutan Lebaran untuk perjalanan Kereta Api (KA) pada H-10 hingga H+10 Lebaran atau 22 April hingga 13 Mei 2022. Pada periode tersebut, dari area Daop 1 Jakarta terdapat sekitar 64 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) per hari, dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata 37.400 per hari.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk kereta Jarak Jauh yaitu 100 persen. PT KAI telah menjual sebanyak 485.200 tiket hingga saat ini.

“Pada kurun waktu 22 April hingga 6 Mei 2022 sebanyak 485.200 tiket terjual untuk keberangkatan dari Daop 1 Jakarta. Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna diantaranya tujuan JogJakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung,” kata Eva kepada JawaPos.com, Jumat (6/5).

Eva menyebut, meski volume keberangkatan masih tinggi, hari ini sejumlah stasiun di area Daop 1 Jakarta juga mulai menerima kedatangan penumpang dengan volume yang cukup tinggi. “Peningkatan angka kedatangan penumpang sudah mulai terjadi sejak 4 Mei 2022,” imbuhnya.

Untuk Jumat 6 Mei 2022 terdapat sekitar 39.300 penumpang yang datang di area daop 1 Jakarta. Berdasarkan data kedatangan pada masa Angkutan Lebaran untuk Daop 1 Jakarta volume penumpang datang mengalami kenaikan tertinggi pada tanggal 5 hingga 6 Mei 2022.

Menurutnya, Kedatangan penumpang masih mengalami peningkatan hingga 10 Mei 2022. Adapun sejak tanggal 4 hingga 6 Mei 2022 terdapat 111.700 penumpang yang tiba di Stasiun Gambir, Pasarsenen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, dan Cikampek.

“Daop 1 Jakarta memastikan bahwa seluruh penumpang yang tiba telah memenuhi persyaratan untuk perjalanan penumpang KA karena telah dilakukan pemeriksaan di stasiun awal keberangkatan, sehingga pada saat tiba di stasiun tujuan penumpang tidak melalui proses pemeriksaan berkas kembali,” ungkapnya.

Untuk memperlancar arus penumpang turun di stasiun, Daop 1 Jakarta menempatkan sejumlah petugas baik di area peron dan hall untuk membantu mengarahkan penumpang yang tiba agar tidak berkerumun di satu lokasi tertentu saat akan menunggu penjemputan.

Sejumlah petugas juga akan melakukan pemeriksaan ulang pada kereta yang tiba untuk memeriksa dan memastikan tidak ada barang penumpang yang tertinggal. Daop 1 Jakarta mengimbau kepada seluruh pengguna jasa yang datang agar memeriksa kembali seluruh barang bawaannya sebelum turun dari kereta untuk menghindari risiko barang tertinggal.

Selain itu, Eva mengungkapkan, untuk volume penumpang berangkat dari area Daop 1 Jakarta saat ini juga terbilang masih cukup tinggi. Pada Jumat hari ini, di Stasiun Gambir terdapat 36 kereta beroperasi, dari jumlah tersebut 8 diantaranya merupakan kereta tambahan. Adapun Volume penumpang berangkat sebanyak 10.000.

Sementara untuk Stasiun Pasarsenen terdapat 29 kereta beroperasi, 2 kereta diantaranya merupakan kereta Tambahan. Volume penumpang berangkat sebanyak 15.400.

“Data tersebut hanya jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen jika ditambah dengan penumpang yang naik juga dari Bekasi, Karawang, Cikarang, Cikampek, dan Jakartakota maka secara total terdapat 25.400 penumpang yang berangkat dari Daop 1 Jakarta pada hari ini,” jelasnya.

Untuk lebih memudahkan, bagi calon pengguna yang baru akan memesan tiket dapat melakukan pengecekan ketersediaan tempat duduk dan relasi yang dipilih serta melakukan transaksi tiket melalui aplikasi KAI Access.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads