alexametrics

Permukiman Padat Penduduk Diubah Menjadi Kampung Literasi

5 November 2019, 15:04:56 WIB

JawaPos.com – Pemukiman padat penduduk di Jalan Z RW 08, Jatipulo, Jakarta Barat, diubah menjadi Kampung Literasi. Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan minat baca warga. Apalagi, kampung tersebut dipercantik dengan berbagai mural.

Saat masuk ke kampong itu sudah disambut dengan Gapura berwarna merah, serta ornamen buku di puncaknya, menjadi area masuk ke kawasan tersebut. Setelah melewati gerbang, warga akan mendapati sebuah kotak kejujuran. Dimana kotak tersebut berisi beragam jenis buku yang dapat dipinjam atau dibaca masyarakat. Pengerjaan kampung itu oleh Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Jatipulo.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta Wahyu Haryadi beserta Kepada Bidang P2PKM Suryanto beserta jajarannya sempat mengunjungi Kampung Literasi itu. Kunjungannya merupakan salah satu bentuk kepedulian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk menyerap aspirasi warga Kampung Literasi, juga para penggiat literasi.

Dalam lawatannya, ia disambut oleh Lurah Jati Pulo Ari Kurniadi dan Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Barat Tri Wahyuningdiah serta jajarannya. Sebelum menuju Kampung Literasi, Wahyu Haryadi diajak untuk melihat Perpustakaan Imaji Jatipulo yang memenangkan Juara 1 kategori perpustakaan terbaik kelurahan tingkat Provinsi.

Kampung Literasi sangat bermanfaat bagi warga Jatipulo, Jakarta Barat. (Istimewa)

Ia sangat mengapresiasi program-program yang dilakukan Kelurahan Jatipulo, salah satunya adalah pemberdayaan warga sebagai narasumber untuk berbagi pengetahuan seputar kerajinan tangan, otomotif dll, “Selain memberdayakan warga yang memiliki keterampilan, dengan kegiatan bedah buku ini, warga kita tidak hanya membaca, tapi dapat mengimplementasikan langsung apa yang ia baca,” kata Wahyu seperti keterangan yang dikutip website Dinass Perpusakaan dan Arsip DKI Jakarta.

Sementara itu, Lurah Jatipulo Ari Kurniadi berharap bahwa kedepannya ada kebijakan yang memayungi mereka dari sisi anggaran agar Kelurahan dapat mengadakan buku secara mandiri. “Perlu adanya kebijakan seperti Instruksi Gubernur sehingga kelurahan dapat mengadakan pengadaan buku secara mandiri,” katanya.

Lalu rombongan diajak untuk bertemu dengan warga Kampung Literasi salah satunya Berman Saragih selaku Ketua RW 08 dan berbincang-bincang sebentar, lalu dilanjutkan mengelilingi areal Kampung Literasi.

Dalam perbincangannya, Ari lebih lanjut mengatakan Perpustakaan Imaji Kelurahan Jatipulo memiliki konsep membangun komunitas dan jaringan untuk keberlanjutan perpustakaan. Pengembangan perpustakaan tidak menitikberatkan pada perpustakaan kelurahan jatipulo yang ada di Kantor Kelurahan Jatipulo, tetapi membangun cabang-cabang/jaringan yang menjadi layanan jemput bola literasi sehingga mendekatkan pelayanan literasi kepada masyarakat.

Salah satu cabang/ jaringan yang dimaksud adalah Kampung Literasi. Berbeda dengan kampung pada umumnya, di pintu masuk sudah terlihat gapura dengan patung buku di atasnya. Sepanjang gang, kita disuguhi lukisan mural-mural literasi yang menarik, dan berwarna bertemakan literasi.

Terdapat 5 kotak berisi buku yang diberi nama book sharing box, dimana setiap warga yang mengambil buku, harus menukar dengan buku yang lain, atau bisa juga buku yang ada di box tersebut untuk di baca ditempat.

Animo warga sangat tinggi, masih sering terlihat anak-anak yang membaca sambil jongkok karena ketiadaan bangku, Ari berharap ada bantuan berupa bangku untuk memfasilitasi para pemustaka ini dan tentunya bantuan buku.

Para anak-anak pun terlihat sangat antusias dengan kegiatan membaca di kampung itu. Seperti Sakira, gadis berusia 9 tahun itu mengaku suka membaca buku dongeng di sana. “Asyik banget bisa membaca buku dongeng karena bisa menambah pengetahuan,” tuturnya.

Hal senada diutarakan Firyal, 10. Ia juga suka membaca buku dongeng yang tersimpan di kotak merah tersebut. “Senang banget sih bisa baca buku gratis,” pungkas dia.

Editor : Bintang Pradewo



Close Ads