Jakarta Diterjang Banjir, Anies Klaim Sudah Siap-siap

5 Oktober 2022, 11:10:32 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa pihaknya sudah bersiap siaga sebelum hujan turun untuk mengantisipasi banjir di Jakarta. Ia mengatakan bahwa jajarannya sudah mengirimkan alat-alat untuk berjaga di lokasi yang sudah rawan banjir.

“Tim DKI mengirimkan alat-alat mulai dari truk damkar sampai pompa mobile ke lokasi-lokasi yang cekung sebelum hujan,” katanya kepada wartawan, Rabu (5/10).

Anies mengatakan bahwa ketika sebelum hujan dan masih mendung, alat-alat tersebut sudah berada di lokasi yang potensi terjadi genangan dan banjirnya tinggi.

“Jadi kalau teman-teman lihat, saat mendung, alat-alat itu sudah berada di lokasi yang diperkirakan bakal mengalami genangan sampai banjir. Karena tempat-tempat yang cekungan seperti inilah yang paling potensi. Di situlah yang harus dipompa,” jelasnya.

Anies menyatakan bahwa jajarannya sudah all out bekerja untuk mengatasi banjir yang puncaknya terjadi di malam hari kemarin. Hal tersebut menurutnya dibuktikan dengan saat ini yang terdampak banjir airnya sudah surut.

“Alhamdulillah RT yang masih menggenang tinggal sedikit. Berarti pekerja all out untuk menyedot itu semua,” tandasnya.

Sebelumnya, berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, sebanyak 81 RT terdampak banjir hingga genangan pada Selasa (4/10) malam hari kemarin.

“Saat ini menjadi 9 RT atau hanya 0,030% dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta, ” catat BPBD DKI dengan data terakhir update pukul 06.00 WIB tadi.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Tazkia Royyan Hikmatiar

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads