alexametrics

Warga Dukung Wacana Korlantas Polri untuk Bebaskan Biaya BBN

5 Agustus 2022, 13:42:10 WIB

JawaPos.com – Warga yang mengurus Bea Balik Nama (BBN) untuk STNK maupun BPKB di Samsat Polda Metro Jaya mendukung wacana Korlantas Polri untuk membebaskan biaya BBN.

Roni, salah satu warga Jakarta yang mengurus BBN BPKB menyatakan tidak tahu wacana pembebasan biaya BBN. Namun begitu, ia mengaku akan mendukung jika kebijakan tersebut benar-benar direalisasikan.

“Ya bagus kalau emang kayak gitu. Soalnya biaya balik nama juga lumayan gede,” ujarnya setelah mengurus BBN BPKB-nya di Polda Metro Jaya, Jumat (5/8).

Menurut salah satu petugas BBN, butuh biaya Rp 225 ribu untuk BBN BPKB kendaraan motor. Sedangkan untuk kendaraan mobil biayanya sebesar Rp 375 ribu.

Hingga kini, wacana pembebasan biaya BBN belum diterapkan di Samsat Polda Metro Jaya. Roni mengatakan ia tetap harus membayar biaya BBN. “Tetap bayar tadi,” ucapnya.

Petugas yang menjaga stan BBN mengatakan bahwa kebijakan pembebasan BBN ada pada Pemerintah Daerah (Pemda). Oleh karena itu, pihak kepolisian hanya dapat mengusulkan.

“Itu kan terserah Pemdanya. Tapi sampai sekarang belum ada pemutihan di Jakarta. Saya juga nunggu,” katanya.

Sebelumnya, Dirregident Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus mendorong dan meminta pemda untuk bisa memberikan kemudahan dengan menghapus bea balik nama kendaraan dan pajak progresif.

“Karena selama ini bea balik nama dan pajak progresif ini yang memberatkan,” tuturnya.

Biasanya, lanjut dia, jumlah bea balik nama kendaraan dan pajak progresif lebih besar daripada pajak kendaraannya. Lagi pula, nilai totalnya juga jauh lebih rendah ketimbang pajak kendaraan.

”Nilai totalnya jauh lebih besar kalau masyarakat taat membayar pajak kendaraan,” pungkasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Tazkia Royyan Hikmatiar

Saksikan video menarik berikut ini: