alexametrics

Transjakarta Upgrade CCTV untuk Pantau Pelecehan Seksual

5 Agustus 2022, 16:10:00 WIB

JawaPos.com – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyatakan akan memperbarui atau meng-upgrade CCTV yang ada di armada dan area operasi Transjakarta agar dapat berfungsi lebih optimal. Hal itu dilakukan untuk mengidentifikasi pelaku pelecehan seksual yang belakangan terjadi di bus Transjakarta.

Direktur Utama PT Transjakarta Yoga Adiwinarto menyatakan bahwa secara jumlah, CCTV yang ada di tiap bus Transjakarta sudah mumpuni. Hanya, kuantitas yang banyak dari CCTV tersebut masih belum mampu untuk mengidentifikasi secara jelas pelaku pelecehan seksual di dalam bus.

“Kami sedang meng-upgrade beberapa CCTV kami, terutama yang di halte untuk bisa ada namanya face recognition-nya,” ujarnya saat melakukan konfrensi pers, Jumat (5/8).

Menurut Yoga, dengan face recognition atau sistem pengenalan wajah pada CCTV akan memudahkan pihaknya untuk mengidentifikasi jika ada pelaku pelecehan seksual di layanan Transjakarta. “Halte-halte kami dan juga di bus itu sudah tidak ada lagi blind-spot yang dimana semua area itu pasti ketahuan dari CCTV-nya, tapi pasti lebih ke arah upgrade teknologinya, sehingga kita bisa langsung mengidentifikasi. Itu yang sedang kita tingkatkan,” jelasnya.

Lebih jauh lagi, ia menyatakan bahwa meski orang-orang memakai masker, sistem pengenalan wajah di CCTV tetap dapat mengidentifikasi muka. “Jadi, sekarang itu teknologi sudah sangat canggih. Orang pakai masker yang penting facial feature-nya itu nanti bisa kelihatan,” lanjutnya.

Namun begitu, Yoga mengaku, upgrade CCTV di halte-halte dan bus Transjakarta baru dilakukan secara bertahap. “Tapi memang ini bertahap. Jadi, beberapa halte sudah mulai ada,” imbuhnya.

Yoga berharap dengan upaya-upaya yang dilakukan pihaknya tersebut dapat mengurangi bahkan meniadakan kejadian pelecehan seksual di transportasi umum. Selain itu, CCTV yang sudah di-upgrade diharapkannya bisa menjadi bukti kuat agar para pelaku pelecehan seksual dapat ditindak secara tegas.

“Bahwa dengan adanya CCTV baik di halte maupun juga di bus itu bisa membantu kami mengusut setiap kasus-kasus tadi,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Tazkia Royyan Hikmatiar

Saksikan video menarik berikut ini: