alexametrics

Pos Sapa untuk Tangani Pelecehan Seksual di Halte Transjakarta

5 Agustus 2022, 17:28:43 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membentuk Pos Sapa (Sahabat Anak dan Perempuan) di halte-halte Transjakarta. Hal itu dilakukan sebagai bentuk komitmen Pemprov untuk mengatasi masalah pelecehan seksual yang terjadi, khususnya di transportasi umum seperti bus Transjakarta.

Direktur Utama PT Transjakarta Yoga Adiwinarto menyatakan saat ini sudah ada 23 Pos Sapa yang ditempatkan di halte-halte Transjakarta. Oleh karena itu, mengimbau kepada warga Jakarta yang mengalami atau melihat kejadian pelecehan seksual untuk dapat melaporkan kepada petugas pos tersebut.

“Ada juga nomor aduan 112. Kemudian Pos Sapa terdekat akan melakukan tindakan penanganannya,” tuturnya saat melakukan konferensi pers di Halte Harmoni, Jumat (5/8).

Yoga memastikan bahwa petugas yang berjaga di Pos Sapa sudah dilatih oleh Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DAPP) untuk mendengarkan laporan tindakan pelecehan seksual oleh korban maupun saksi yang melihat kejadian.

“Mereka bisa dengan sigap melakukan tindakan penanganan jika ada laporan pelecehan seksual,” tegasnya.

Untuk mendukung Pos Sapa, Yoga menyatakan akan menggelorakan sosialisasi dan kampanye agar semua warga Jakarta mengetahui pos untuk menindaklanjuti kejadian pelecehan seksual tersebut.

“Pelaksanaan kampanye akan ditindaklanjuti dengan pemasangan stiker untuk pencegahan atau upaya stop pelecehan seksual,” pungkasnya.

Sebelumnya, Yoga Adiwinarto menyatakan akan memperbarui atau meng-upgrade CCTV yang ada di bus Transjakarta agar dapat berfungsi lebih optimal.

“Kami sedang meng-upgrade beberapa CCTV kami terutama yang di halte untuk bisa ada namanya face recognition-nya,” ujarnya saat melakukan konfrensi pers, Jumat (5/8).

Menurut Yoga, dengan face recognition atau sistem pengenalan wajah pada CCTV akan memudahkan pihaknya untuk mengidentifikasi jika ada pelaku pelecehan seksual di layanan Transjakarta.

“Halte-halte kami dan juga di bus itu sudah tidak ada lagi blindspot yang di mana semua area itu pasti ketahuan dari CCTV-nya, tapi pasti lebih ke arah upgrade teknologinya sehingga kita bisa langsung mengidentifikasi. Itu yang sedang kita tingkatkan,” jelasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Tazkia Royyan Hikmatiar

Saksikan video menarik berikut ini: