alexametrics

Panen Ratusan Kilo Ikan Lele, Kini Warga Miliki Penghasilan Tambahan

4 Juli 2022, 13:54:23 WIB

JawaPos.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama warga RW01 Kelurahan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, memanen ratusan kilo ikan lele. Panen kali ini merupakan kegiatan lanjutan dari program Juragan Lele Lalap.

Program yang dijalankan oleh Rumah SandiUno Indonesia (RSI) bersama Rumah Siap Kerja (RSK), yang bertujuan meningkatkan ekonomi warga.

“Ini hasil konkret dari program praktik usaha yang sudah berjalan tiga bulan. Alhamdulillah kita panen sesuai dengan rencana, karena dalam prosesnya terus didampingi dan diberi pelatihan,” ujar Sandiaga Uno, Senin (4/7).

Sandiaga menyebut, panen tahap pertama ini telah menghasilkan 337 kg ikan lele dari 95 Budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) yang diberikan. Hasilnya pun melebihi rencana atau target awal, karena masih ada panen tahap kedua sejumlah 105 Budikdamber.

“Dari panen ini bisa memberikan penghasilan kepada masyarakat. Tadi disepakati hasilnya dibelikan bibit dan pakan lele, kemudian warga akan membuat kolam pembesaran produksi,” ungkapnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu berharap, ke depannya program Juragan Lele Lalap bisa terus meningkatkan penghasilan dan membantu membantu ekonomi masyarakat. Serta memberikan solusi atas naiknya biaya hidup di masa sekarang.

Adapun dalam program ini warga juga diberikan pelatihan pengolahan lele beku (frozen), serta bantuan perlengkapan produksi sehingga dapat meningkatkan nilai jual.

“Semoga program ini bisa membantu ekonomi masyarakat hingga membuka lapangan kerja baru. Ke depannya, melalui kolam pembesaran juga diharapkan agar produksi semakin banyak sehingga penghasilan bertambah,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Saksikan video menarik berikut ini: