alexametrics

Pendaftaran Rumah DP 0 Rupiah Masih Dibuka

3 November 2019, 12:15:39 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka gelombang kedua pendaftaran program rumah DP 0 Rupiah. Kebijakan ini menyusul tingginya minat warga kepada program tersebut yang pertama dibuka di Rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Namun, program ini hanya untuk penduduk dengan KTP DKI Jakarta.

Pada tahap pertama, 28 Juli 2019 lalu, sebanyak 1.790 orang dinyatakan lolos seleksi program DP 0 Rupiah, dari 2.359 pendaftar. Dengan program Solusi Rumah Warga (Samawa) ini, warga Jakarta menengah ke bawah bisa memiliki rumah yang cicilannya relatif terjangkau, tanpa harus membayar uang muka.

Hingga Oktober 2019, 78 kepala keluarga juga sudah melakukan akad Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB). Sedangkan 64 kepala keluarga telah serah terima kunci dan siap menghuni rumah barunya.

Kepala Unit Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera Provinsi DKI Jakarta, Dzikran Kurniawan mengatakan peminat untuk program unggulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu cukup tinggi. Sehingga, dibuat gelombang kedua untuk penduduk ibu kota yang ingin mendapatkan rumah subsidi itu.

Menurut dia, pendaftaran pada satu minggu pertama dilakukan di Klapa Village, dan mulai 14 Agustus 2019 akan dialihkan ke kantor Unit UFPRS di Kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Provinsi DKI Jakarta, Jatibaru Tanah Abang, Jakarta Pusat. Peminat untuk program  unggulan Pemprov DKI Jakarta ini terbilang cukup tinggi.

Peminat program Samawa ini dapat mendaftar melalui gelombang kedua untuk hunian di lokasi program yang baru, serta dapat pula mendaftar untuk menjadi waiting list pada hunian Klapa Vilage bila nantinya masih terdapat unit yang tersedia. Formulir pendaftaran dapat diunduh melalui website samawa.jakarta.go.id.

“Kami juga dapat sampaikan, bahwa bila masih ada unit yang tersisa dari hunian gelombang pertama ini maka pemohon yang lolos seleksi gelombang kedua juga dapat dimasukkan untuk mendapat unit di Rusunami Klapa Village,” jelas Dzikran.

Warga terlihat antusias mendaftar Rumah DP o Rupiah di Rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah merupakan program Pemprov DKI Jakarta dalam menyediakan fasilitasi pembiayaan kepemilikan hunian untuk masyarakat DKI Jakarta. Lokasi hunian program gelombang kedua akan berjalan juga di beberapa lokasi di Jakarta yang saat ini masih dalam tahap proses penjajakan dan kerjasama dengan pengembang.

Hunian DP 0 Rupiah di Pondok Kelapa itu dibangun di atas lahan 5.686 m2, dengan total 21 lantai, terdiri dari 780 unit yang dibagi menjadi 3 tipe, yaitu pertama tipe studio berjumlah 240 unit, dengan kisaran harga setiap unit Rp 184,8 – 195,8 juta; tipe 1 kamar berjumlah 180 unit, dengan kisaran harga per unit Rp 210,7 – 213,4 juta; dan tipe 2 kamar berjumlah 360 unit, dengan kisaran harga tiap unit Rp 304,9-310,6 juta. Adapun fasilitas yang terdapat di hunian ini di antaranya, Balai Warga, PAUD, Taman Bermain Anak, Musala, dan bus Transjakarta. Selain itu, hunian juga dekat dari pasar dan sekolah.

Syarat Pendaftaran:
1. Warga memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI dan telah tinggal di Jakarta sekurang-kurangnya 5 tahun
2. Warga yang belum punya rumah sendiri
3. Warga yang tidak pernah menerima subsidi rumah
4. Prioritas bagi warga yang sudah menikah
5. Warga yang taat pajak
6. Warga yang berpenghasilan Rp4 juta sampai Rp7 juta per bulan
7. Bagi warga yang terpilih (lolos seleksi), wajib memiliki rekening Bank DKI.

Syarat Administrasi
1. KTP DKI Jakarta (minimal 5 tahun saat mengajukan permohonan)
2. Kartu Keluarga (KK)
3. Surat permohonan fasilitas pembiayaan rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)
4. Surat pernyataan penghasilan, terdiri dari surat pernyataan belum memiliki rumah; belum menerima subsidi rumah, akan menempati rumah
5. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
6. Surat nikah atau akta nikah yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang
Formulir pendaftaran dapat diunduh melalui website: samawa.jakarta.go.id.

Pembangunan tahap kedua

Untuk tahap selanjutnya, 900 unit rumah DP 0 Rupiah akan dibangun di Cilangkap, Jakarta Timur, seluas 2,8 hektare, pada akhir 2019.

Sedangkan rumah DP 0 Rupiah di Pulogebang, Jakarta Timur, seluas 4 hektare, pada awal 2020. Untuk pembangunan di Cilangkap dan Pulogebang, Penyertaan Modal Daerah (PMD) Pemprov DKI mencapai Rp 800 miliar. Angka tersebut naik dari 2018 yang mencapai Rp 500 miliar.

Untuk memastikan pemeratan kesejahteraan warga, Pemprov mengerjakan beberapa program yang terintegrasi.
Dalam hal pengadaan rumah layak dan terjangkau, pada tahun 2019 rumah DP 0 Rupiah di Nuansa Pondok Kelapa selesai dibangun dengan jumlah sebanyak 780 unit.

Saat ini para peminat untuk program Rumah DP 0 Rupiah itu terus bertambah. Sehingga, program itu bagus untuk warga ibu kota yang ingin memiliki hunian.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Bintang Pradewo


Close Ads