alexametrics

Viral 30 Orang Positif Korona dari Puskesmas Penjaringan, Ini Faktanya

3 Juni 2020, 09:42:43 WIB

JawaPos.com – Beredar sebuah video pendek berisi aktivitas sekelompok tenaga medis menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Perekam video sempat menyebutkan ada 30 orang positif Covid-19 di Puskesmas Penjaringan, Jakarta Utara. Dalam tayangan itu terlihat pula sejumlah ambulans terparkir yang diduga untuk merujuk pasien ke rumah sakit.

Kapolsek Metro Penjaringan, AKBP Imam Rifai mengatakan, informasi dalam video tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurutnya, hanya ada 19 orang yang dinyatakan positif. Itu pun positif berdasarkan rapid test sehingga dirujuk ke rumah sakit.

“Hoaks. Itu hasil rapid test di Kelurahan Penjaringan dan yang positif dibawa ke rumah sakit 19 orang,” kata Imam saat dikonfirmasi, Selasa (2/6).

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara Yudi Dimyati mengatakan, sebanyak 23 warga Kelurahan Penjaringan dinyatakan positif terpapar Covid-19 usai menjalani swab test.

Tangkapan layar ambulans dan petugas medis dengan APD berada di Kelurahan Penjaringan (Istimewa)

“Sebanyak 19 orang dirujuk ke rumah sakit rujukan Covid-19 RSKD (Rumah Sakit Khusus Daerah) Duren Sawit,” sambung Yudi.

Dari jumlah tersebut, ada 4 orang yang dinyatakan positif Covid-19 dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Mereka tidak dirujuk ke rumah sakit, melainkan diminta isolasi mandiri di rumah.

Hanya pasien yang berkategori risiko tinggi seperti balita atau lansia yang dirujuk ke rumah sakit. Hal ini guna mencegah adanya gejala berat yang timbul.

“Pengawasan dan pemantauan pasien saat isolasi di rumah sakit, lebih baik daripada isolasi mandiri di rumah. Lamanya isolasi di RS 14 hari, dan dilakukan swab menjelang selesai isolasi, dan apabila hasil negatif baru diperbolehkan pulang,” ucap Yudi.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads