alexametrics

Usai Ramai, Pasar Tanah Abang Kondusif, tapi Ada Titik-Titik Kerumunan

3 Mei 2021, 14:29:22 WIB

JawaPos.com – Setelah pada Sabtu (1/5) dan Minggu (2/5) kemarin Pasar Tanah Abang mengalami lonjakan pengunjung yang drastis, hari ini, Senin (3/5), pasar yang berlokasi di Jakarta Pusat ini masih terlihat ramai dikunjungi.

Berdasarkan pantauan JawaPos.com di lokasi, untuk menuju ke Pasar Tanah Abang sendiri, jalanan macet karena arus kendaraan yang dialihkan oleh pihak Dishub dan Polri. Terdapat juga mobil Dishub yang memberitahukan ‘Hindari Kawasan Tanah Abang’.

Di sekitar kawasan Pasar Tanah Abang sedikit longgar karena adanya rekayasa lalu lintas dari arah Jalan H Fachrudin atau Hotel Millenium. Sementara di pinggir jalan, terlihat aparat TNI berjaga di sekitar lokasi.

Untuk masuk dalam gedung sendiri, petugas akan melakukan pengecekan suhu tubuh dan setelahnya diperbolehkan masuk. Pengunjung terpantau ramai dan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Namun, terdapat titik-titik yang menjadi titik berkumpul, seperti kios yang menjual barang dengan harga murah dan juga tangga-tangga di sekitar gedung untuk tempat beristirahat.

Selain itu, situasi yang lain terpantau kondusif atau tidak ada kerumunan yang berlebihan. Penjual bernama Restu (27) mengatakan bahwa kondisi saat ini lebih terkendali dibandingkan hari kemarin.

“Kondisi sih lebih tenang, teratur gitu dibanding kemarin yang membludak. Mungkin karena pak Anies sendiri bilang untuk tidai berkerukun kemarin,” terang dia di lokasi.

Sebagai informasi, sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan data sementara pengunjung Pasar Tanah Abang pada Minggu (2/5) kemarin mencapai 100 ribu orang.

Hal ini jauh lebih tinggi dari hari sebelumnya yang sebesar 87 ribu orang. Kata dia, biasanya pengunjung Pasar Tanah Abang berada di kisaran angka 35 ribu pengunjung.

“Hari Sabtu kemarin terjadi lonjakan pengunjung, dari 35 ribu menjadi 87 ribu dan hari ini data sementara sekitar 100 ribu pengunjung,” ungkap dia di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5).

Untuk mengantisipasi hal itu, PD Pasar Jaya pun mulai menerapkan penutupan secara bergilir. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan pengunjung pada saat yang sama ketika jam tutup pasar.

“Mulai sore ini (Minggu), pasar akan ditutup dengan dibagi, ada tutup jam 4 dan 5 untuk menghindari keluar bersamaan dan menuju titik yang hampir sama,” terang dia.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads