alexametrics

Anies Positif Covid-19, Balai Kota Jakarta Disemprot Disinfektan

2 Desember 2020, 09:51:13 WIB

JawaPos.com – Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta melakukan penyemprotan disinfektan selama 3 hari berturut-turut mulai Selasa (1/12). Langkah ini dilakukan menyusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinyatakan positif Covid-19.

Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mengatakan, pihaknya mengerahkan 150 petugas, serta 110 petugas kebersihan dari biro umum dan ASD untuk melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh gedung komplek Balai Kota. Para petugas damkar dilengkapi 41 unit power sprayer dan satu unit watermis dalam melakukan penyemprotan disinfektan.

“Seluruh ruangan dan lantai di Komplek Balai Kota akan disemprot disinfektan. Petugas damkar kita juga dibantu sekitar 30 petugas pamdal Balai Kota,” ucap Satriadi, Rabu (2/12).

Rincian lokasi yang akan disterilisasi yaitu Gedung Blok A sampai G, Balai Agung, termasuk luar gedung Balai Kota DKI Jakarta. “Setelah penyemprotan disinfektan, kita langsung melakukan dekontaminasi petugas dan peralatan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengendali Operasi Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Mulyanto menambahkan, kegiatan penyemprotan disinfektan sejatinya sudah menjadi kegiatan rutin setiap Jumat sore di gedung Balai Kota. Namun untuk kali ini, kegiatan tersebut akan dilakukan selama tiga hari berturut-turut.

Meski begitu, Gedung utama Balai Kota sendiri lokasinya berbeda dengan kantor gubernur dan wakil gubernur. Namun tetap disterilisasi karena gedung tersebut tetap akan beroperasi dengan protokol kesehatan ketat.

“Kita melaksanakan penyemprotan disinfektan di gedung Balai Kota adalah perintah dari pimpinan (Gubernur DKI Jakarta), permintaan dari Biro Umum untuk melaksanakan sterilisasi di gedung Balai Kota,” kata Mulyanto.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Anies melalui sebuah video pendek. Hasil tes swab PCR Anies keluar pada Selasa (1/12) dini hari, setelah tes swab dilaksanakan sehari sebelumnya.

Anies memastikan kondisinya baik-baik saja. Dia bahkan akan tetap bekerja memimpin rapat-rapat virtual dan melakukan isolasi mandiri. Sebelum dinyatakan positif, Anies juga melaksanakan tes swab rutin pada Rabu (25/11) dan hasilnya negatif.

Pada Minggu (29/11), usai Wagub Ahmad Riza Patria dinyatakan positif Covid-19, Anies juga sempat melakukan tes usap antigen dan hasilnya negatif. Namun, dinyatakan positif berdasarkan swab PCR.

Gubernur Anies menyebut, saat ini kondisinya dalam keadaan baik dan tanpa gejala. “Setelah berkonsultasi dan sesuai dengan arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis,” ujar Anies.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sabik Aji Taufan


Close Ads