alexametrics

Penularan Covid-19 di Jakarta Mulai Terkendali, PSBB Tak Diperpanjang?

2 Juni 2020, 17:41:44 WIB

JawaPos.com – Kasus penularan Covid-19 di DKI Jakarta semakin terkendali. Angka penularan seiring berjalannya waktu mulai menurun, meskipun grafiknya bergerak perlahan.

Berdasarkan analisa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI), effective reproduction number (Rt) di Jakarta per 31 Mei 2020 sudah menyentuh angka 1. Angka ini sudah lebih baik dibanding pada 17 Mei 2020 yakni 1,1.

“Rt itu mengindikasikan penularan yang semakin terkendali,” kata Pakar Epidemiologi FKM UI Pandu Riono saat dikonfirmasi JawaPos.com, Selasa (2/6).

Sejak 17 Mei 2020, Rt di DKI Jakarta angkanya terus menurun perlahan. Dari 1,1 hingga 1. Menurut Pandu penurunan ini dipengaruhi berbagai faktor.

“Saya hanya melihat indeks penduduk yang tinggal di rumah, dan testing dan contact tracing yang terus meningkat,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria belum dapat memastikan apakah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta akan diperpanjang atau tidak. Sejatinya, PSBB akan berakhir pada 4 Juni 2002.

“Gubernur akan mengumumkan dalam 1-2 hari ke depan, apakah dimungkinkan masa transisi tanggal 5 itu sangat bergantung terkait hasil data. Kami terus memantau pergerakan data dan berkonsultasi dengan para ahli,” pungkas Riza.

Editor : Kuswandi

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads